10 Manfaat Susu Kedelai bagi Wanita

10 Manfaat Susu Kedelai bagi Wanita

Manfaat susu kedelai bagi wanita-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Susu kedelai menjadi salah satu sumber nutrisi nabati yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh khusunya para wanita. Manfaat susu kedelai bagi wanita ada banyak berkat kandungan gizinya yang melimpah. 

Susu kedelai memberikan manfaat yang dapat diperoleh dari wanita di usia berapa pun, mulai dari remaja, wanita yang sudah menopause, hingga lansia.   

Oleh karena itu, susu kedelai merupakan alternatif pengganti susu sapi yang paling banyak diminati. Soalnya, dibandingkan susu nabati lainnya, kandungan nutrisi susu kedelai paling mirip dengan susu sapi. 

Tak hanya tinggi kalsium dan protein, susu kedelai juga rendah kalori dan lemak. Tak sampai di situ saja, susu kedelai juga mengandung isoflavon yang dikenal sebagai fitoestrogen atau estrogen nabati.

Bahan kimia ini cara kerjanya mirip dengan estrogen atau hormon seks wanita, makanya ada beberapa manfaat susu kedelai bagi wanita. Tak hanya itu saja, susu kedelai termasuk salah satu minuman yang sehat bagi wanita karena kandungan nutrisi dan isoflavonnya yang tinggi. 

BACA JUGA:Cara Alami Menumpas Asam Urat dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Isoflavon merupakan zat yang bersifat antioksidan sekaligus memiliki efek mirip hormon estrogen, yaitu salah satu hormon penting di dalam tubuh wanita. Berikut ini adalah beberapa manfaat susu kedelai bagi wanita yang begitu melimpah:

1. Meringankan gejala menopause

Manfaat pertama yang perlu diketahui adalah susu kedelai dapat meringankan gejala menopause. Saat memasuki masa menopause, wanita akan merasakan berbagai gejala, seperti hot flashes, kelelahan, perubahan mood, sering berkeringat, dan vagina kering. 

Menopause memang bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman, tetapi gejalanya bisa diringankan dengan minum susu kedelai. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung fitoestrogen dan isoflavon yang dapat menjaga kadar hormon di dalam tubuh tetap normal selama masa menopause. 

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Tak hanya meringankan gejala menopause,manfaat susu kedelai bagi wanita pun bisa dinikmati setelah menopause. Setelah menopause, jaringan otot, tulang, dan lemak di tubuh wanita akan mengalami perubahan. 

BACA JUGA:Ganggu Kepercayaan Diri, Simak Penyebab Terjadinya Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

Pada tulang, menopause bisa berisiko membuat tulang jadi lebih lemah dan keropos. Sebagai langkah pencegahan, wanita pascamenopause dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai, karena mengandung protein dan isoflavon yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dan otot serta mengurangi lemak dalam tubuh.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: