Jangan Sampai Salah! Ini Dia SD Card Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Jangan Sampai Salah! Ini Dia SD Card Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

ecara umum yang dimaksud dengan SD card adalah suatu alat yang digunakan sebagai media penyimpanan data digital pada sebuah perangkat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada era digital sekarang ini, banyak orang yang membutuhkan tempat penyimpanan data untuk menyimpan data-data penting seperti dokumen, foto, video, audio, dan berbagai file lainnya. Biasanya data-data ini berasal dari kamera, voice recorder, CCTV dan lainnya. Hal inilah yang mendorong seseorang untuk mencari SD card terbaik untuk mengamankan data-datanya.

BACA JUGA:Area Depan Bencoolen Mall Tak Bisa Dijadikan Titik Parkir

Melihat banyaknya kebutuhan tersebut menjadikan alasan pasar dagang bersaing menawarkan SD card dengan kualitas dan kapasitas terbaik. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang SD card juga tersedia dalam berbagai macam ukuran dan harganya pun sudah tidak terlalu mahal lagi. Untuk memahami lebih dalam lagi mengenai SD card dan hal-hal lain yang berkaitan, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu SD Card?
Istilah SD card mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Orang-orang juga mungkin lebih mengenalnya sebagai memory card atau kartu memori. Secara umum yang dimaksud dengan SD card adalah suatu alat yang digunakan sebagai media penyimpanan data digital pada sebuah perangkat. Misalnya perangkat handphone, kamera, dan lain sebagainya.

Karena hampir semua data sekarang disimpan secara digital, SD card juga dalam berbagai pilihan kapasitas. Mulai dari ukuran 128MB, 512MB, 1GB, 32 GB, 64GB, dan seterusnya. Berkat perkembangan teknologi, sekarang SD card juga bisa memiliki kapasitas yang besar dengan ukuran yang kecil.

BACA JUGA:Program Magang ke Jepang Masuki Tahap Seleksi, Jumlah Pelamar Tembus Ratusan Orang

SD card memiliki ukuran 24 mm x 32 mm x 2,1 mm yang tentunya lebih besar dibandingkan dengan miniSD maupun microSD. Lantas, bagaimana memilih SD card yang terbaik? Langkah-langkah di bawah ini bisa kamu terapkan untuk memilih SD card terbaik.

Memilih SD Card Terbaik
Agar tidak salah dalam memilih SD card, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Perhatikan Kapasitas Maksimal Penyimpanan
Hal pertama yang harus kamu pastikan yaitu ketahui terlebih dahulu kapasitas memori eksternal HP. Jangan sampai ketika SD card sudah dibeli berujung melebihi kapasitas.

2. Pilihlah Jenis SD Card yang Sesuai dengan Kebutuhan
Langkah berikutnya dalam memilih SD card adalah mempertimbangkan kebutuhan kamu. SD card memiliki tiga jenis, yaitu SD card, SDHC, dan SDXC. Ketiga jenis ini mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Waspada Tingginya Kasus HIV AIDS di Kota Bengkulu di 2024

- SD card, memiliki kapasitas memori kecil namun kompatibilitas yang cukup tinggi. Harganya juga relatif cukup terjangkau dan sering digunakan untuk menyimpan foto.
- SDHC, memiliki kapasitas lebih besar dan dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi.
- SDXC, memiliki memory SD card paling besar di atas 32GB dan bahkan mencapai 1TB. Perangkat ini lebih cocok untuk pemotretan foto dan perekaman video yang beresolusi tinggi.

3. Periksa Hal-Hal yang Dapat Mempengaruhi Performa Memori Card
Performa SD card ini terdiri dari speed class berbeda yang berguna untuk merekam video. Kemudian, ada juga writing speed yang mempengaruhi pemotretan objek yang sedang bergerak, dan reading speed untuk menentukan kecepatan membaca dan transfer data.

4. Merk SD Card
Sebelum membeli kartu memori kamu juga bisa memastikan terlebih dahulu merk SD card yang akan dibeli. Jika perlu, periksa review merk SD card tersebut, sebab reputasi perusahaan pembuat SD card tersebut juga sangat penting.

BACA JUGA:Selain Menyegarkan! Manfaat Jeruk Limau Baik Kesehatan

5. Garansi Resmi
Pastikan terdapat garansi resmi dalam pembelian SD card, terkadang beberapa merk memberikan garansi paling lama 1-5 tahun atau bahkan lebih. Jadi, garansi resmi merupakan hal yang penting karena akan memudahkan kamu untuk memperbaikinya jika rusak.

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan dalam memilih SD card yang terbaik. Dengan memperhatikan setiap langkahnya kamu bisa mendapatkan SD Card yang sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi SD Card Terbaik
Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi SD card dengan kualitas terbaik.
1. ADATA
2. V-Gen
3. Kingston
4. SanDisk
5. Flucard Pro
6. KIOXIA
7. FlashAir
8. Lexar

BACA JUGA:Sayang untuk Dilewatkan! Ini Manfaat Jamur bagi Kesehatan

Beberapa merk tertentu menawarkan fitur yang tidak dimiliki merk lainnya. Seperti ADATA yang menawarkan fitur Error Correcting Code (ECC) yang meminimalisir terjadinya error saat digunakan atau mengirimkan data. Ada juga merk V-Gen yang terkenal karena sangat cepat dalam membaca data. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: