Program Magang ke Jepang Masuki Tahap Seleksi, Jumlah Pelamar Tembus Ratusan Orang

Program  Magang ke Jepang Masuki Tahap Seleksi, Jumlah Pelamar Tembus Ratusan Orang

Program magang ke Jepang oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berbeda dari tahun sebelumnya, angka peminatan warga Bengkulu untuk bekerja melalui program magang ke negara Sakura, Jepang meningkat 2 kali lipat.

Sejak dibuka oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu pada Maret 2024 lalu, pelamar atau pendaftar untuk ikut program ke Jepang tembus ratusan orang.

Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Bengkulu, Dr Syarifudin mengatakan, warga Bengkulu yang akan ikut program kerja ke Jepang akan lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Terlebih, pada program ini tidak ada batas Kouta pelamar. Namun, terhadap para pelamar ini nantinya akan di seleksi terlebih dahulu oleh panitia.

BACA JUGA:SK PPPK Bisa Digadaikan Hingga Rp200 Juta di Bank Bengkulu, 2 Hari Cair

"Angka pendaftar kita tembus 300 orang dan sudah terverifikasi sebanyak 222 orang. Dengan angka ini kita harap banyak warga Bengkulu yang bisa berangkat ke Jepang," ujar Syarifudin, Jumat (24/5/2024).

Ia menambahkan, salah satu tujuan daripada program magang ke Jepang ini adalah untuk menekan angka pengangguran di Provinsi Bengkulu.

Selain itu, warga Bengkulu yang dikirim ke Jepang agar dapat melatih skill dan keterampilan yang ia miliki. Serta untuk kesejahteraan hidupnya.

Sementara itu untuk bidang pekerjaan yang nantinya akan menjadi fokus daripada pelamar diantaranya operator pabrik, buruh pabrik dan adapula perawat rumah tangga.

"Itu semua akan melewati tahapan seleksi yang akan berlangsung pada tanggal 27-29 Mei 2024. Pada prinsipnya kita tidak ada batas Kouta pelamar. Apabila pelamar dibawah 150 orang, maka mereka akan datang kesini untuk menyeleksinya langsung," imbuhnya.

Disisi lain, seleksi yang dilakukan panitia pada program magang ke Jepang ini akan dilakukan dengan 3 tahap .

BACA JUGA:Waspada Tingginya Kasus HIV AIDS di Kota Bengkulu di 2024

Mulai dari administrasi, cek fisik dan kesamaptaan alias kedisiplinan. Semua akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Nanti para pendaftar program magang ke Jepang ini harus mengikuti semua tahapan seleksi hingga ditentukan siapa yang nantinya akan terpilih dalam program magang ke Jepang," pungkas Syarifudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: