Kenali bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Fitur Blind Spot pada Mobil

Kenali bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Fitur Blind Spot pada Mobil

Blind-Spot Collision Warning (BCW) atau Blind Spot Monitor merupakan sebuah sensor yang berfungsi untuk memperingati pengemudi ketika ada hambatan di sekitar kendaraan.-Pinterest -

sehingga pengemudi dapat langsung mengambil tindakan keselamatan dan terhindar dari tabrakan antar kendaraan ketika sedang berkendara.

3. Mencegah Tabrakan saat Parkir Mobil

Sistem blind spot monitor memiliki fitur turunan seperti rear traffic alert, rear collision avoidance assist, safe exit assist, dan lainnya. Fitur ini tentu sangat membantu ketika sedang memarkir mobil. 

Sistem turunan dari blind spot monitor akan memantau keadaan di sekitar mobil, sehingga menghindari tabrakan atau senggolan ketika memarkir mobil.

BACA JUGA:Teman Setia Mencari Cuan, Simak 5 Kelebihan Mitsubishi L300 Euro4

4. Mengamankan Posisi Kendaraan

Fungsi lain dari fitur blind spot adalah mengamankan posisi kendaraan. Kendaraan canggih pada umumnya sudah dilengkapi dengan sistem blind spot monitor yang dihubungkan dengan lane keeping assist dan braking assist system.

Fitur ini berfungsi untuk mengamankan posisi kendaraan apabila respon pengemudi cukup lambat. Misalnya, ketika pengemudi tidak mengambil tindakan, sistem akan memberi sinyal kepada fitur assist system untuk mengarahkan setir atau memperlambat kendaraan agar terhindar dari tabrakan.

5. Memantau Lalu Lintas Silang

Beberapa BSMS dapat memantau lalu lintas silang di depan atau di belakang mobil, terutama saat keluar dari tempat parkir atau persimpangan. Sistem juga dapat memberikan peringatan jika ada kendaraan yang mendekati dari samping.

Selain itu, beberapa sistem yang lebih lanjut dapat melacak kendaraan di sekitar mobil. Hal ini membantu pengemudi memahami situasi lalu lintas yang padat dan meningkatkan keselamatan saat berkendara.

BACA JUGA:Tampil Gagah dan Sporty, Intip Penyegaran Terbaru Yamaha FreeGo 125

Itulah penjelasan mengenai cara kerja dan fungsi fitur blind spot pada mobil. Meskipun fitur blind spot monitor sangat membantu pengemudi dalam berkendara, pengemudi juga tetap harus waspada saat mengendarai kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: