Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Buah kesemek memiliki nama Latin Diospyros kaki dan dikenal sebagai buah kaki dalam bahasa Jepang-Pinterest -

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Buah kesemek kaya akan antioksidan. Senyawa antioksidan dapat membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Experimental and Clinical Sciences Journal, senyawa antioksidan, seperti karotenoid dan katekin pada buah kesemek berperan sebagai agen antikanker yang cukup kuat.

Selain itu, kesemek mengandung antioksidan lainnya, seperti vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid.

Penelitian menyebutkan pola makan atau diet yang mengandung flavonoid tinggi dapat membantu menurunkan risiko kanker paru akibat penuaan.

Sebuah studi juga menyatakan diet tinggi beta karoten berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker paru, kanker usus, dan diabetes melitus tipe 2.

BACA JUGA:Apa itu Patikan Kebo? Kenali Ragam Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengurangi peradangan

Kesemek memiliki kandungan senyawa antiradang yang bisa membantu memulihkan peradangan dalam tubuh. Lagi-lagi, hal ini karena manfaat kandungan berbagai macam antioksidan pada buah kesemek.

Saat mengalami peradangan, tubuh biasanya memproduksi protein C-reaktif dan interleukin-6. Untuk menetralkannya, tubuh memerlukan asupan vitamin C. Vitamin C mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari kerusakan lanjutan.

Selain itu, kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E di dalam buah kesemek membantu melawan peradangan di dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan antioksidan di dalam buah kesemek memiliki manfaat lain yang tak kalah menakjubkan. Kesemek mengandung sekitar 55 persen asupan vitamin A dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Vitamin A adalah salah satu komponen penting untuk pembentukan rhodopsin, yaitu protein yang dibutuhkan tubuh agar mata dapat berfungsi dan melihat secara normal.

Selain itu, vitamin A mendukung fungsi selaput konjungtiva dan kornea. Lutein dan zeaxanthin dalam kesemek juga bisa mengurangi risiko  degenerasi makula, yaitu penyakit mata yang menyerang retina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: