Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Buah kesemek memiliki nama Latin Diospyros kaki dan dikenal sebagai buah kaki dalam bahasa Jepang-Pinterest -

BACA JUGA:Apa itu Patikan Kebo? Kenali Ragam Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

6. Menjaga kesehatan jantung

Buah kesemek mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol. Dalam penelitian yang diterbitkan pada American Journal Clinical of Nutrition, ditemukan khasiat antioksidan tersebut untuk jantung.

Lebih dari 98.000 orang yang makan makanan tinggi flavonoid, memiliki risiko 18 persen lebih rendah untuk mengalami kematian akibat masalah jantung.

Studi lain juga menyatakan bahwa makanan kaya flavonoid membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), dan mengurangi peradangan. Bahkan, kandungan tanin dalam buah kesemek memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

7. Melawan penuaan dini

Buah kesemek mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan yang memiliki manfaat untuk mengurangi radikal bebas dan melawan penuaan dini. Vitamin A, beta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin merupakan senyawa penting yang memberikan manfaat tersebut.  

Penelitian yang diterbitkan Biological And Pharmaceutical Bulletin menunjukkan jenis polifenol tertentu dalam kesemek berperan memberi perlindungan mencegah kerusakan oksidatif yang bisa menyebabkan penuaan.

Untuk itu, makan kesemek bisa membantu memperlambat penuaan dini, seperti menunda melemahnya otot, munculnya keriput, hingga bintik cokelat di wajah.

BACA JUGA:Terkenal Sebagai Obat Herba Tradisional, Inilah 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Nah, itulah manfaat buah kesemek untuk kesehatan. Anda dapat mengonsumsi langsung buah kesemek dalam kondisi segar dan matang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: