Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Buah kesemek memiliki nama Latin Diospyros kaki dan dikenal sebagai buah kaki dalam bahasa Jepang-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kesemek adalah jenis buah-buahan asli Tiongkok yang mengandung beragam nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Di Indonesia sendiri, buah kesemek memang kurang populer. Namun, jangan salah, buah kesemek ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. 

Buah kesemek memiliki nama Latin Diospyros kaki dan dikenal sebagai buah kaki dalam bahasa Jepang, yang diambil dari nama zat tanin yang dihasilkan oleh buah ini.

Dalam bahasa Inggris, kesemek umum disebut sebagai oriental persimmon. Buah ini terasa manis seperti madu, akan tetapi kandungan zat tanin di dalamnya, mungkin akan menimbulkan sensasi sepat.

BACA JUGA:Ingin Wajah Glowing Tanpa Flek Hitam, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 2 Bahan Ini

Meski berukuran kecil, kesemek memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah kesemek untuk kesehatan? Yuk, cari tahu manfaatnya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

Buah kesemek memiliki berbagai macam kebaikan berkat kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah berbagai khasiat buah ini yang dapat Anda rasakan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan asam askorbat pada buah kesemek mampu memenuhi sekitar 80 persen kebutuhan harian vitamin C harian. Hal ini dikarenakan  vitamin C dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Caranya dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang menjadi tameng tubuh dari infeksi mikroba, virus, jamur, dan racun. Alhasil, vitamin C yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah kesemek secara teratur bermanfaat untuk menghindari berbagai masalah kesehatan umum, seperti batuk, pilek, dan flu.

BACA JUGA:Agar Awet Muda, Bebas Kanker, Darah Tinggi, dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ini

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Sama hal dengan buah-buahan pada umumnya, kesemek memiliki kandungan serat alami yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan. 

Serat dapat merangsang gerakan peristaltik usus untuk memindahkan makanan saat melewati saluran pencernaan dan membantu memadatkan tinja. Namun, Anda bisa menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: