Perobohan View Tower Kota Bengkulu Dilakukan Tahun Depan

Perobohan View Tower Kota Bengkulu Dilakukan Tahun Depan

Bangunan view tower yang berada di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bangunan View Tower yang berada di lapangan Merdeka Kota Bengkulu atau berada di  depan rumah dinas Gubernur Bengkulu akan dibongkar atau dirobohkan. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso belum lama ini.

Dikatakan Tejo, dari hasil kajian yang dilakukan pihak Pemprov Bengkulu bersama pihak terkait, terhadap bangunan setinggi 43 meter yang menghabiskan anggaran Rp 34 Miliar tersebut, kini kondisinya sudah tidak layak  dan rencananya akan dirobohkan.

Terlebih dari aspek keselamatan, estetika, dan fungsi. Konsidi sekarang, View Tower memiliki beberapa kekurangan. Seperti kondisi bangunan yang sudah rapuh dan membahayakan, serta tidak berfungsi sebagai tempat memantau tsunami.

BACA JUGA:Jangan Mau Jadi Korban Pungli Jukir Nakal di Kota Bengkulu, Kenali Ciri-cirinya

"Hasil kajiannya sudah keluar dan itu tidak layak sehingga harus dirobohkan," ujar Tejo.

Untuk pembongkaran bangunan ini masih menunggu perencanaan yang matang. Sehingga masih membutuhkan usulan dari tokoh-tokoh masyarakat.

Sejauh ini sambung Tejo, masukan yang diterima pihaknya dari masyarakat menginginkan lapangan view tower untuk dijadikan lapangan terbuka yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.

"Untuk sistem pembongkaran atau perobohannya kita masih menunggu perencanaan dan tetap kita minta usulan dari tokoh masyarakat. Banyak masukan ke kami, view tower ini diminta untuk dijadikan seperti dahulu dengan konsep lapangan terbuka, dapat dilakukan pesta rakyat  dan tempat olahraga," papar Tejo.

BACA JUGA:Developer Perumahan Diimbau Segera Hibahkan Lahan Fasum

Sementara itu, untuk anggaran daripada perobohan view tower ini, akan dianggarkan oleh DPUPR  melalui APBD Perubahan tahun 2024 mendatang.

"Kita usulkan di APBD Perubahan dan tinggal menunggu perencanaan di APBD-Pnya. Sedangkan untuk pembongkaran direncanakan tahun depan," tutup Tejo Suroso. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: