Ternak Ayam Kampung Skala Rumahan, Ini Tips Agar Sukses

Ternak Ayam Kampung Skala Rumahan, Ini Tips Agar Sukses

Tips ternak ayam kampung skala rumahan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Setelah kandang sudah siap, selanjutnya Anda bisa mengisi kandang Anda dengan bibit ayam kampung. Bibit ayam yang bagus bisa bertumbuh lebih cepat dan kuat dalam menghadapi penyakit.

Ada beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan saat memilih bibit ayam kampung, yaitu:

- Memiliki mata yang bening dan terlihat bersinar

- Mempunyai berat badan ideal dan tidak terlalu kurus

- Terlihat bergerak lincah dan bersuara nyaring

- Memiliki bulu yang bersih

- Tidak memiliki kecacatan, seperti misalnya tidak bisa berdiri tegap, bentuk sayap tidak simetris, anggota tubuh tidak lengkap, atau berjalan pincang.

BACA JUGA:Ingin Sukses Beternak Ayam Kampung? Ikuti Cara Ini

BACA JUGA:Ayam Terkena Penyakit Ngorok, Ini Cara Mengatasinya

3. Gunakan Pakan Ayam yang Bergizi

Pakan ternak memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan nutrisi yang diperoleh oleh ayam kampung, yang pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan, pertumbuhan, dan kualitas daging serta telur ayam. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pakan yang kaya akan nutrisi.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam, pakan yang diberikan sebaiknya memiliki kandungan protein yang tinggi, seperti pur dan konsentrat. Namun, jika skala ternaknya bersifat rumahan, maka faktor harga pakan juga perlu dipertimbangkan.

Terdapat berbagai jenis pakan alternatif yang bisa digunakan, seperti jagung, sorgum, tepung ikan, tepung tulang, ampas tahu, ulat, ampas kedelai, dan bungkil kedelai. 

Penggunaan pakan alternatif ini dapat membantu mengurangi biaya pakan tanpa mengorbankan kualitas nutrisi yang diberikan kepada ayam kampung anda.

4. Tips Memberi Pakan Ayam Kampung Rumahan yang Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: