Agar Banjir Pahala dan Mendapat Keberkahan, Amalkan 7 Amalan Utama di Bulan Syawal Ini

Agar Banjir Pahala dan Mendapat Keberkahan, Amalkan 7 Amalan Utama di Bulan Syawal Ini

Amalan-amalan sunnah bulan syawal-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Bulan Syawal dianggap sebagai bulan kemenangan bagi umat Islam setelah menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Bulan ini memiliki keistimewaan sebagai pelengkap ibadah di bulan Ramadhan, sehingga berkahnya akan terus mengalir bagi semua muslim.

Ada sejumlah amalan yang dapat mendatangkan pahala berlimpah apabila dikerjakan semata-mata karena Allah.

BACA JUGA:Daftar Amalan di Bulan Syawal, Ustaz Adi Hidayat Imbau Lakukan Ini

BACA JUGA:Ingin Puasa Syawal, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Tata Caranya, Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 7 amalan utama yang bisa dikerjakan seorang muslim saat bulan syawal.

1. Puasa Syawal

Puasa enam hari di bulan Syawal memiliki keutamaan yang sama seperti puasa sepanjang tahun. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat yang berasal dari Abu Ayub Al Anshari, di mana Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa berpuasa Ramadan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun," (HR Muslim dan Ahmad)

2. Puasa Senin Kamis

Beberapa riwayat mengatakan bahwa puasa pada hari Senin dan Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Aisyah ra:

"Rasulullah SAW sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis," (HR Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah dan Ahmad).

Hari Senin dan Kamis merupakan hari ketika amal seseorang diperlihatkan kepada Allah. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis, oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa," (HR Tirmidzi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: