Lebih Praktis dan Cepat, Simak Niat Dan Cara Bayar Zakat Fitrah Online Melalui Baznas dan Rumah Zakat

Lebih Praktis dan Cepat, Simak Niat Dan Cara Bayar Zakat Fitrah Online Melalui Baznas dan Rumah Zakat

Bayar zakat fitrah menjelang hari raya Idul Fitri bisa dilakukan secara online-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini bayar zakat fitrah menjelang hari raya Idul Fitri bisa dilakukan secara online loh, yakni melalui Badan Amil Zakat Nasional  (BAZNAS) dan Rumah Zakat

Artikel ini akan memberkan informasi terkait niat dan cara membayar zakat fitrah secara online. Jika Anda ingin membayar zakat secara praktis dengan melakukannya secara online, yuk simak informasi di berikut: 

Masyarakat muslim baik laki-laki maupun perempuan wajib membayar zakat fitrah pada bulan Ramadhan hingga menjelang salat Idul Fitri.

Dilansir dari Nu Online, Muhammad bin Qasim Al-Ghazali dalam Fathul Qarib menjelaskan ada tiga kondisi yang membuat orang wajib membayar zakat. Pertama, kewajiban membayar zakat hanyalah untuk orang beragama Islam.

Kedua, menjumpai waktu wajib zakat yaitu akhir Ramadhan dan awal Syawal. Bila seseorang meninggal sebelum masuk tanggal 1 Syawal, ia tidak diwajibkan membayar zakat fitrah. Hal yang sama juga berlaku untuk bayi yang lahir setelah bulan Ramadhan berakhir.

BACA JUGA:Bolehkah Melaksanakan Sholat Taraweh Berbeda-beda Rakaatnya, Buya Yahya Tegaskan Ini

Sementara yang ketiga, seseorang wajib membayar zakat bila memiliki makanan pokok melebihi kebutuhan dirinya dan keluarganya pada saat hari raya atau malamnya.

Sebagai salah satu rukun islam, Zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak berhak menerima zakat (asnaf).

Dalam surah At-Taubah ayat 60 terdapat 8 golongan yang berhak menerima zakat. Golongan tersebut antara lain fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil.

Niat Zakat Fitrah

Mengutip dari Nu Online, niat zakat fitrah lebih dibutuhkan daripada ijab kabul. Pada dasarnya zakat bukanlah praktik transaksi (akad) selayaknya jual beli atau sewa menyewa. Zakat adalah pemberian searah dari orang yang diwajibkan kepada orang yang berhak.

BACA JUGA:Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Ustaz Khalid Basalmaha Sarankan Perbanyak Ibadah Ini

Meski niat adalah urusan hati, namun diutamakan untuk melafalkannya. Melafalkan niat dapat membantu untuk menegaskan niat.

Berikut ini lafal niat zakat fitrah yang sebaiknya dilafalkan saat membayar zakat.

  • Niat zakat fitrah untuk diri sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: