Sediakan Anggaran Rp15 Miliar, Pemprov Bengkulu Survei Pesawat Haji 2024

Sediakan Anggaran Rp15 Miliar, Pemprov Bengkulu Survei Pesawat Haji 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menyiapkan anggaran sekitar Rp15 miliar untuk ongkos pesawat calon jemaah haji (CJH) keberangkatan tahun 2024 -adv-

Sementara itu, ditanyakan terkait kekurangan anggaran karena di tahun sebelumnya untuk sewa pesawat dialokasikan hingga Rp16 miliar, Ferry belum bisa memastikannya. Termasuk sharing anggaran dengan pemerintah kabupaten/kota.

BACA JUGA:Bengkulu Masuk 12 Besar PPD 2024, Tim Penilai Tinjau Bengkulu

"Untuk sharing anggaran sementara belum. Mungkin kabupaten/kota yang mendatangkan ke Kota Bengkulu, dan tugas kita memberangkatkan sampai bandara Minangkabau," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Dr. H. Intihan, M.H, mengatakan untuk anggaran pemberangkatan jemaah haji yang disiapkan dari pusat saat ini sudah siap.

"Kita sudah siap, termasuk untuk pemberangkatan dari Embarkasi ke Arab Saudi yang diakomodasi Kemenag RI. Termasuk pesawatnya kita sudah tahu," ungkap Intihan.

Pengumuman kuota haji di tahun 2024 ini lebih cepat. Sehingga Kemenag juga lebih punya waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu termasuk dokumen. Hotel dan catering di Arab Saudi juga sudah disiapkan  dan ditentukan oleh Kemenag RI.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Imbau seluruh OPD Partisipasi Kegiatan Bukber di Masjid Raya Baitul Izzah

"Yang jelas sudah dalam proses kontrak dan pengadaan di Arab Saudi," imbuhnya.

Karena di luar musim haji juga digunakan untuk mendapatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atau pendapatan setoran negara.

Sementara musim haji, pemanfaatan Asrama Haji untuk pemberangkatan, dikondisikan sekitar 2 minggu sebelum pemberangkatan betul-betul steril, ditambah pemulangannya lebih kurang 10 hari steril. 

"Artinya pemberangkatan haji ini, asrama haji sudah siap," ucapnya.

Begitu pula untuk pemeriksaan sanitasi, dikatakan Intihan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah melakukan pemeriksana kelayakan tahap pertama.

"Didapatkan hasil bahwa asrama haji sudah layak dengan nilai yang baik di tahun 2024 ini," tambahnya.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Imbau seluruh OPD Partisipasi Kegiatan Bukber di Masjid Raya Baitul Izzah

Meski begitu, khusus pemeriksaan tersebut nantinya akan dilakukan sebanyak 3 tahap. Tahap kedua, akan dilakukan bulan depan. Sementara, pemeriksaan tahap 3 akan dilakukan menjelang pemberangkatan haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: