Ingin Buka Puasa dengan Kurma, Apakah Harus Dicuci Terlebih Dahulu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

Ingin Buka Puasa dengan Kurma, Apakah Harus Dicuci Terlebih Dahulu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

dr Zaidul Akbar jelaskan apakah kurma harus dicuci atau tidak-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Menjawab hal tersebut, dr Zaidul Akbar menyatakan bahwa ia pribadi tidak pernah mencuci kurma dan langsung mengonsumsinya.

"Kalau saya pribadi nggak pernah mencuci kurma dulu ya. Kalau beli kurma biasanya langsung saja saya makan gitu kurmanya," ungkap dr Zaidul Akbar.

Kurma organik, khususnya jenis kurma bertangkai atau kurma dari Tunisia, dapat langsung dimakan tanpa perlu dicuci terlebih dahulu.

"Langsung saja saya makan gitu kurmanya, apalagi kurma- kurma pakai tangkai, kurma- kurma tunis itu atau juga kurma ajwa yang organik," papar dr Zaidul Akbar.

Isu tentang pentingnya mencuci kurma sebelum dikonsumsi muncul karena adanya kabar bahwa kurma mengandung pestisida. Namun, kebenaran kabar ini belum dapat dipastikan secara tegas.

"Karena ada memang beberapa informasi bahwa kurma ada juga yang diberi pestisida, katanya seperti itu. Wallahua'lam saya belum tahu detailnya," kata dr Zaidul Akbar.

Namun, lanjutnya, secara umum konsumsi kurma tidak memerlukan pencucian terlebih dahulu.

BACA JUGA:Agar Mulut Segar dan Tak Bau Saat Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

BACA JUGA:Jantung Bersih dan BAB Lancar, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Satu Sendok Ini Setiap Hari

"Tapi kalau kurma- kurma secara umum, kalau saya makan kurma nggak dicuci dulu sih, makan aja langsung," demikian dr Zaidul Akbar.

Itulah penjelasan dr Zaidul Akbar terkait apakah kurma harus dicuci terlebih dahulu atau tidaknya sebelum dimakan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: