Ini Dia Waktu Berdoa Paling Mustajab di Bulan Ramadan dan Orang yang Doanya Tidak akan Ditolak

Ini Dia Waktu Berdoa Paling Mustajab di Bulan Ramadan dan Orang yang Doanya Tidak akan Ditolak

Doa-doa akan terkabul jika di utarakan di 3 waktu musatajab-Pinterest -

Hal ini sudah dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari, berikut dari Abu Hurairah Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

BACA JUGA:Selain Pahala Dilipatgandakan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan 4 Keistimewaan Bulan Ramadhan

"Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, " Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Ibnu Hajar juga menjelaskan hadis di atas dengan berkata, "Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan". (Fath Al-Bari, 3: 32).

3 Orang yang Doanya Tidak Ditolak

Adapun orang-orang yang masuk ke dalam orang yang doanya tidak ditolah adalah sebagai berikut.

1. Pemimpin yang adil

2. Orang yang berpuasa ketika dia berbuka 

3. Doa orang yang terzalimi

BACA JUGA:Bolehkah Memisahkan Waktu Sholat Tarawih dan Witir, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; "Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak :  (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Demikian informasi mengenai waktu yang mustajab pada saat bulan suci ramadhan, hendaknya setelah mengerti waktu-waktu mustajab yang sudah dijelasakan kamu dapat mengamalkan doa-doa di atas dengan penuh kesungguhan.(**) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: