Yamaha R1M, Motor Sport Keren dengan Harga Terjangkau

Yamaha R1M, Motor Sport Keren dengan Harga Terjangkau

Mesin Yamaha R1M memang sudah terbukti sangat cepat, karena mesinnya terinspirasi dari Yamaha M1 yang merupakan motor balap sungguhan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terinspirasi dari Yamaha M1 yang super keren, Yamaha R1M sukses menarik perhatian penggemar motor sport karena harganya yang relatif terjangkau dibandingkan M1. Desainnya luar biasa keren, fiturnya lengkap, pasti makin penasaran kan seperti apa spesifikasi Yamaha R1M? Yuk, dapatkan info lengkapnya di bawah ini!

Yamaha R1 pertama kali dirilis tahun 1998 dan termasuk dalam kelas sepeda motor sport. Keren, seri R1 kerap mendapat update signifikan dari tahun ke tahun. Yamaha R1M pertama kali dirilis tahun 2015 di Tokyo Motor Show. Tahun 2017 dan 2019, sepeda motor uni mendapat update penting di beberapa komponennya. Nah, seperti apa spesifikasi Yamaha R1M terbaru?

BACA JUGA:Begini Cara Mendaftar Mudik Gratis PT Len Industri

Spesifikasi Yamaha R1M
Dimensi (P x L x T)                         2.055 x 690 x 1.150 mm
Tinggi Jok                                      860 mm
Wheelbase                                     1.405 mm
Minimum Jarak Terendah                 130 mm
Bobot (termasuk full BBM dan oli)    199 kg
Kapasitas Bahan Bakar                    17 L
Kapasitas Tangki Oli                         3.9 L
Tipe Mesin                                      Berpendingn cairan, in-line 4 silinder, 4-stroke, DOHC, 4-valves
Kapasitas Mesin                              998 cc
Sistem Starter                                Elektrik
Sistem Transmisi                             Constant mesh 6-speed
Tenaga Maksimal                            147.1 kW (200,0 PS) @ 13.500 rpm
Torsi Maksimal                                112.4 Nm (11.5 kg-m) @ 11.500 rpm
Suspensi Depan                              Upside-down telescopic fork, Ø 43 mm
Suspensi Belakang                          Swingarm (Link suspension)
Rem Depan                                    Dual hydraulic disc, Ø 310 mm
Rem Belakang                                Single hydraulic disc, Ø 220 mm
Ban Depan                                     120/70 ZR17M/C (58W)
Ban Belakang                                 190/55 ZR17M/C (75W)

Fitur Menarik Yamaha R1M
Desain Yamaha R1M adalah daya tariknya yang paling menggoda, terutama bagi para penggemar motor sport. Selain desain, motor keren ini juga dilengkapi berbagai fitur menarik, antara lain:

BACA JUGA:Ini Dia Motor Touring yang Pas untuk Perjalanan Jauh!

1. Öhlins Electronic Racing Suspension
Yamaha R1M terbaru sudah dilengkapi dengan sistem suspensi modern, Öhlins Electronic Racing Suspension (ERS), yang saat ini masih menjadi sistem suspensi paling baik dari Yamaha. Software suspensi ini sangat canggih, sehingga mampu mengerem dan berkendara dengan lebih efisien dan nyaman.

Cara penggunaan suspensi ERS pada SC Project CRT Titanium Yamaha R1 Yamaha R1M R1S CRT YZF-R1 YZF-R1M juga sangat ramah pengguna, jadi mudah digunakan oleh siapa saja. Sistem suspensi canggih ini membuat Yamaha R1M nyaman berkendara di berbagai medan dan kondisi jalan.

2. Öhlins NPX Anti-Cavitation Gas Forks
Untuk sistem gasnya, Yamaha R1M dilengkapi dengan Öhlins NPX Anti-Cavitation Gas Forks, supaya menghindari kavitasi pada proses penguapan. Sistem ini membuat proses pembasahan mesin bekerja dengan lebih efektif, dengan begitu kontrol terhadap jalannya motor pun lebih akurat dan berkendara jadi terasa lebih aman.

BACA JUGA:Rayakan Ramadhan, Dapatkan Saldo DANA Puluhan Jutaan Rupiah di Program NGABUBURICH DANA

3. Sistem Brake Control
Sistem pengereman Yamaha R1M mampu menganalisis data seperti akselerasi dan sudut yang aman saat berkendara. Sistemnya juga secara instan memodulasi tekanan hidrolik untuk mencegah ban terkunci, sehingga jalannya lebih mulus dan cepat saat digunakan untuk balapan maupun berkendara di jalan raya biasa.

4. Sistem Engine Brake Management
Dilengkapi dengan Engine Brake Management (EBM), membuat pengendara bisa memilih sendiri sistem pengereman yang sesuai dengan kondisi jalan dan berkendara. Menggunakan data dari berbagai sensor, sistem EBM menyesuaikan bukaan throttle, volume bahan bakar dan komponen lainnya, lalu memberi opsi dari 3 mode pengereman.

5. Mesin Crossplane 998 cc
Mesin Yamaha R1M dikembangkan dengan teknologi Yamaha M1 yang digunakan untuk MotoGp. Mesin ini menggunakan injektor dari Bosch dengan kapasitas 998 cc, karena itu efisiensi mesin pun jadi lebih baik.Ada berbagai fitur tambahan yang mampu menghasilkan performa rpm luar biasa, mesin crossplane EU5 yang digunakan dilengkapi dengan sistem lubrikasi terbaik yang menghasilkan performa luar biasa tinggi dan memuaskan!

BACA JUGA:HP dengan Audio Tercanggih, Black Shark 5 Pro Dijual dengan Harga Rp 14 Jutaan

6. Ban Bridgestone Battlax RS11
Entah itu untuk berkendara dengan agresif, mengerem secara tiba-tiba, atau berkendara dengan mulus, ban Bridgestone Battlax RS11 yang digunakan Yamaha R1M mampu mengatasinya dengan baik. Level traksinya tinggi dan terasa mencengkeram jalanan dengan mantap!

Review Kelebihan dan Kekurangan Yamaha R1M
Sebelum membeli Yamaha R1M, kita perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Ini dia review kelebihan dan kekurangan motor sport keren yang satu ini:

Kelebihan Yamaha R1M
Yamaha R1M disukai karena memiliki berbagai kelebihan, di antaranya adalah:

1. Mesinnya Sangat Cepat
Mesin Yamaha R1M memang sudah terbukti sangat cepat, karena mesinnya terinspirasi dari Yamaha M1 yang merupakan motor balap sungguhan. Kecepatan maksimalnya mencapai 147.1 kW (200,0 PS) @ 13.500 rpm.

BACA JUGA:Doa Minta Umur Panjang, Agar Bertemu Kembali dengan Bulan Ramadhan

2. Suspensi Super Nyaman
Sistem suspensi motor ini memang keren banget, terutama sejak versi 2017 yang sudah dilengkapi dengan sistem suspensi canggih dari Öhlins. Berkendara di segala macam medan jadi super nyaman, karena mulus, bahkan di jalanan yang bergelombang dan penuh lubang sekalipun.

3. Posisi Berkendara Nyaman
Soal desain, Yamaha R1M memang keren. Nggak hanya itu, pengendara juga bisa berkendara dengan nyaman karena posisi jok dan setang yang pas dan nyaman. Berkendara jarak dekat maupun jarak jauh akan terasa nyaman.

Kekurangan Yamaha R1M
Di sisi lain, ini dia beberapa kekurangan Yamaha R1M yang perlu dipertimbangkan:
1. Bukan untuk Boncengan
Yamaha R1M memang bukan dirancang untuk sepeda motor yang dikendarai berdua. Jadi kita tidak bisa boncengan dengan motor ini. Yamaha R1M dirancang untuk berkendara sendiri dan nyaman digunakan untuk balapan.

BACA JUGA:Helm Bogo yang Trendy dan Populer untuk Bikers

2. Ukuran Besar dan Berat
Berkendara dengan Yamaha R1M memang keren dan rasanya ingin kita kendarai terus di jalanan. Masalahnya, motor ini bukan motor ringan dan ukurannya pun cukup bulky. Dengan begitu, kurang nyaman kalau dipakai sehari-hari. Cukup menyulitkan kalau kita harus mengangkatnya di tempat parkir dan beberapa situasi tertentu.

3. Panel Speedometer Kecil
Di motor berukuran besar ini, Yamaha R1M hadir dengan panel speedometer yang cukup kecil, meskipun tetap nyaman dipandang. Kebanyakan pengendara lebih mengharapkan ukuran speedometer yang lebih besar. Ini memang bukan kekurangan besar, tapi cukup berbeda dari keinginan banyak pengendara untuk bisa melihat speedometer dengan lebih jelas.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: