Butuh Dana Banyak! Ini Pilihan Investasi yang Tepat untuk Menikah

Butuh Dana Banyak! Ini Pilihan Investasi yang Tepat untuk Menikah

Deposito merupakan instrumen investasi yang relatif aman dan tidak terlalu berisiko--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Banyak orang ingin menikah karena mereka jatuh cinta dan ingin berkomitmen untuk hidup bersama pasangan mereka untuk sisa hidup mereka. Selain itu, menikah juga dapat memberikan stabilitas dan keamanan, baik secara finansial maupun emosional, karena pasangan dapat bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Untuk mewujudkan pernikahan yang sesuai dengan keinginan, maka mulai sekarang kamu harus mempersiapkan dana menikah sebab biaya yang diperlukan untuk resepsi pernikahan tidak sedikit. Begitu pun dengan biaya setelah menikah yang tentunya semakin besar. Oleh karena itu, kamu harus mengatur penghasilanmu dengan cara berinvestasi demi mewujudkan pernikahan impianmu.

BACA JUGA:Pekerjaan Penuh Resiko Tinggi! Ini Besaran Gaji Kuli Tower di Indonesia

Apa Saja Jenis Investasi yang Cocok untuk Persiapan Menikah?

Untuk memulai langkah persiapan pernikahanmu, satu hal yang bisa kamu lakukan di awal adalah membuat tujuan keuangan berupa target dana yang akan dikumpulkan beserta pos alokasinya. Setelah menetapkan tujuan keuangan pernikahan, kamu bisa memilih cara mengumpulkan dana tersebut, termasuk dengan cara berinvestasi di instrumen yang sesuai.

Buat kamu yang memiliki target pernikahan di tahun tertentu, maka kamu juga harus menyesuaikan waktu tersebut dengan jenis investasi yang akan diambil. Misalnya rencana akan menikah kurang dari lima tahun dari sekarang, maka instrumen investasinya juga yang bersifat jangka pendek atau menengah dan begitu juga sebaliknya.

BACA JUGA:Panduan Berbelanja Online yang Efisien di Blibli

Berikut ini beberapa jenis investasi untuk persiapan menikah yang bisa kamu pilih dari sekarang:
1. Deposito
Deposito bisa menjadi pilihan investasi yang aman untuk jangka pendek. Kamu bisa memilih tenor sesuai dengan jangka waktu persiapan pernikahan dan suku bunga yang ditawarkan bisa lebih tinggi daripada tabungan biasa. Deposito memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Selain itu, tingkat bunga deposito relatif stabil dan dapat diprediksi dalam jangka waktu tertentu.

Deposito merupakan instrumen investasi yang relatif aman dan tidak terlalu berisiko. Dalam hal ini, kamu tidak perlu khawatir kehilangan dana yang diinvestasikan. Dengan mengetahui jumlah yang akan diperoleh dari deposito, kamu dapat merencanakan dengan lebih mudah untuk biaya pernikahan. Hal ini akan membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih baik.

BACA JUGA:33 Ribu Warga Kota Bengkulu Sudah Tercover BPJS Kesehatan Gratis

2. Investasi Reksadana
Investasi Reksa dana merupakan opsi investasi yang cocok untuk jangka menengah hingga panjang. Ada berbagai jenis reksa dana yang bisa dipilih, seperti reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Namun, kamu perlu memperhatikan risiko investasi dan kinerja reksa dana sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Investasi reksa dana memberikan potensi keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan konvensional atau deposito. Selain itu, reksa dana dapat diakses secara online dan tanpa harus memiliki jumlah dana yang besar, sehingga mudah untuk diakses oleh siapa saja. Kamu juga dapat menarik dana kapan saja tanpa perlu menunggu waktu tertentu.

BACA JUGA:New Honda Stylo 160 Sudah Hadir di Bengkulu, Motor Vespa Look dengan Banyak Keunggulan dan Fitur Lengkap

3. Investasi Emas
Emas tetap menjadi salah satu instrumen atau pilihan kebanyakan orang untuk investasi yang berfokus kepada kestabilan nilai dan kemudahan pengelolaannya. Harga emas biasanya naik, sehingga bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. Emas dapat membantu melindungi nilai aset kamu dari inflasi dan fluktuasi nilai tukar sehingga asetmu akan tetap bernilai saat nanti akan digunakan.

Emas mudah dijual dan memiliki nilai yang mudah diakses, sehingga kamu dapat menjualnya dengan cepat saat membutuhkan dana. Kamu juga tidak perlu takut akan kebangkrutan perusahaan karena emas tidak terikat pada perusahaan tertentu dan tidak terpengaruh oleh risiko kebangkrutan atau kegagalan perusahaan.

BACA JUGA:Polres dan Dishub Kota Bengkulu Razia Gabungan, Kendaraan Mati Pajak Bakal Ditahan

4. Investasi Properti
Jika kamu memiliki dana yang cukup dan mempunyai rencana untuk menikah dalam jangka waktu yang cukup lama, investasi properti bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Properti bisa memberikan penghasilan pasif dan potensi kenaikan nilai investasi di masa depan.

Investasi di properti biasanya memerlukan jumlah dana yang besar untuk membeli dan mempertahankan properti. Selain itu, nilai properti mungkin naik atau turun tergantung pada kondisi pasar, sehingga memerlukan strategi jangka panjang untuk investasi yang sukses.

BACA JUGA:Peluang Bisnis Supplier Baju Import, Bisa Hasilkan Keuntungan Besar

Kamu perlu pertimbangkan waktu yang dipakai untuk mengumpulkan dana yang cukup dari investasi properti. Jika waktu yang tersedia untuk mengumpulkan dana terbatas, maka investasi properti mungkin tidak cocok sebagai sumber dana pernikahan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: