Prioritaskan Infrastruktur Irigasi, Pemprov Bengkulu Akan Meningkatkan Sektor Pertanian di Provinsi Bengkulu

Prioritaskan Infrastruktur Irigasi, Pemprov Bengkulu Akan Meningkatkan Sektor Pertanian di Provinsi Bengkulu

Pemprov Bengkulu Akan Meningkatkan Sektor Pertanian di Provinsi Bengkulu -adv-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam upaya meningkatkan sektor pertanian di Provinsi Bengkulu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah mengambil langkah signifikan dengan memprioritaskan perbaikan infrastruktur irigasi.

Hal ini dilakukan sebagai respon terhadap hasil survei Pusat Informasi Harga Pangan (PIHP) yang menunjukkan harga beras di wilayah tersebut, serta data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat kontribusi komoditi beras terhadap inflasi di Provinsi Bengkulu.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali memberikan saran betapa pentingnya penilaian menyeluruh terhadap kondisi infrastruktur irigasi di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Ajak Warga Bengkulu Dukung Nabila Putri Bintadytama di Ajang Puteri Indonesia

Menurutnya, langkah preventif perlu diambil untuk mencegah kerusakan jaringan irigasi di masa mendatang, sehingga dapat memastikan hasil panen yang memadai.

"Diperlukan penilaian menyeluruh terhadap infrastruktur irigasi untuk mencegah kerusakan di masa depan," ujar Tantawi.

Tantawi juga menyoroti pentingnya pemeliharaan secara proaktif terhadap jaringan irigasi yang ada guna mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya mendukung dan meningkatkan produktivitas sektor pertanian yang pada akhirnya akan berdampak pada ketahanan pangan daerah.

BACA JUGA:Kembali Hadir di IIMS 2024, PLN Usung Support System Kendaraan Listrik di Indonesia

"Pemda perlu bersinergi dengan semua stakeholder terkait dalam menjaga dan meningkatkan kondisi infrastruktur irigasi untuk hasil pertanian yang berkelanjutan," tambah Tantawi.

Sementara itu, Pemprov Bengkulu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu telah menetapkan prioritas penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun ini pada perbaikan jaringan irigasi

Fokus perbaikan ini akan difokuskan di tiga daerah, yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Bengkulu Utara, dan Kabupaten Rejang Lebong, yang bertujuan untuk memperbaiki jaringan irigasi masyarakat.

BACA JUGA:Destita Resmikan Aplikasi OCE Syariah, Ojek Cepat Murah Karya Anak Bengkulu

"Diperlukan kerjasama semua pihak untuk memastikan perbaikan infrastruktur irigasi yang memadai," ujar Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: