Suku Pengelana di Dunia Ini Diambang Kepunahan

Suku Pengelana di Dunia Ini Diambang Kepunahan

Kuchi, satu-satunya suku pengelana Afganistan yang masih bisa bertahan hingga saat ini--

BACA JUGA:Nggak Ribet dan Rumit! Begini Cara Mengurus STNK Mobil yang Hilang

Suku Sami - Skandinavia
Suku penelana terakhir berasal dari wilayh terdingin yang ada di bumi. Suku tersebut bernama Sami, sebuah suku nomaden yang biasa hidup dengan berpindah-pindah di wilayah lingkar luar Kutub Utara. Suku ini biasanya akan dapat ditemui di wilayah sekitar Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Rusia. Saat ini jumlah suku Sami sendiri diperkirakan hanya tinggal sekitar 70 ribu orang saja.

Gempuran kemajuan dan teknologi telah membuat generasi muda suku ini, meninggalkan gaya hidup nenek moyang mereka yang biasa berkelana dalam kesederhanaan. Hanya ada beberapa saja yang masih menjalani gaya hidup nomaden di dinginya cuaca wilayah kutub. Mereka yang masih bertahan biasanya akan beternak rusa salju sebagai sumber pendapatan utama. Rusa-rusa kutub ini biasanyakan akan di jual pada warga sekitar atau di barter dengan bahan makanan yang tak bisa didapat suku Sami, diwilayah yang mereka tempati.

BACA JUGA:Tidak Hanya Soal Kebocoran, Kenali Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis

Itulah suku-suku pengelana yang masih ada di dunia ini, dan tengah berusaha mempertahankan gaya hidup nomaden mereka ditengah gempuran kemajuan jaman yang kian cepat. Suku-suku ini terbilang hebat karena tetap dapat mempertahankan gaya hidup nenek moyangnya, sementara kebanyakan orang saat ini justru kehilangan jadi dirinya di tengah kemajuan yang ada.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: