Menikmati Indahnya Air Terjun Putri Nglirip, Destinasi Wisata Air Terindah di Indonesia

Menikmati Indahnya Air Terjun Putri Nglirip, Destinasi Wisata Air Terindah di Indonesia

Menyelam ke Suasana Alam di Air Terjun Putri Nglirip, Air Terjun Terindah di Indonesia -Pinterest-

Air Terjun Putri Nglirip memiliki ketinggian 29 meter , lebar 25 meter dan kedalaman 30 meter. Sumber Air terjun ini terletak di hutan lindung krawak yang berada sekitar 2 kilo dari Nglirip 

Dan mata air di lohgung dan beberapa sumber lainya , karena lokasinya dekat hutan. Tahukah kamu, sebagai tambahan informasi, selain wisata alam wisatawan juga bisa berwisata religi di makam Syech Abdul jabbar , yang lokasinya tepat diatas Air Terjun Putri Nglirip . 

Makam Syech Jabbar, yang dikenal dengan nama lain, Mbah Jabbar. Penduduk setempat menganggap makam itu suci dan menjadi pusat ziarah masyarakat Tuban dan sekitarnya.

Untuk menuju ke Air Terjun Putri Nglirip Dari arah kota Tuban , jaraknya sekitar 35km atau kurang lebih 45 menit, sedangkan dari Kabupaten Bojonegoro sekitar 25km atau 30 menit . 

BACA JUGA:Menilik Sejarah dan Pesona Kawah Biru yang Berasal dari Letusan Gunung Kerinci di Abad ke 14

Lokasinya di desa Mulyoagung RT 03 RW 05 , Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban , Jawa Timur. Akses jalannya yang bisa dilewati semua kendaraan serta jalan menuju Air Terjun Nglirip sudah beraspal akan memudahkan anda untuk berkunjung kesini.

Di balik keindahannya yang mempesona Air Terjun Putri Nglirip juga tak kalah menarik jika dilihat dari sisi sejarahnya. Air Terjun Putri Nglirip mempunyai legenda yang sangat dipercayai masyarakat sekitar.

Pada zaman dulu ada seorang gadis dari kalangan biasa atau petani, yang Jatuh cinta dengan Pangeran dari Bangsawan yaitu Joko Lelono. 

Cinta mereka tidak direstui oleh orangtua Joko lelono. Lalu sang raja mengutus para pengawal untuk membunuh Joko Lelono , jika mereka berdua menikah akan mempermalukan keluarga bangsawan.

BACA JUGA:Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-piso yang Berada di Ketinggian 800 Mdpl

Gadis desa yang mengetahui kabar bahwa sang kekasih sudah tewas dibunuh,Gadis itupun sedih. Dia pun pergi lalu singgah di Goa samping Air Terjun Nglirip, bersemedi sampai akhir hayatnya dan mokso atau hilang jasadnya tidak ditemukan. 

Dari Kejadian tersebut di namakanlah air terjun ini. Apabila ada pasangan muda-mudi yang berkunjung kesana dalam waktu 40 hari akan putus, Karena mitosnya sang gadis itu cemburu atau tidak suka kepada pasangan yang bermesra-mesraan di tempatnya. Boleh dipercaya atau tidak tapi semuanya kembali kepada Sang Pencipta.

Jika kalian datang ke Air Terjun Putri Nglirip tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya, yakni Rujak Uleg. Rasa yang khas hanya akan anda temui di Air Terjun Putri Nglirip. 

Perpaduan kacang dan gula merah, pembuatanya fresh dan dihidangkan dengan sayuran seperti daun ketela atau kangkung ditambah lagi Irisan tahu dan buah-buahan, pasti membuat anda rindu dan ingin berkunjung lagi ke Air Terjun Nglirip.

Bicara soal fasilitas Air Terjun Putri Nglirip sudah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap seperti area parkir, gazebo, toilet, wifi gratis, kedai-kedai makanan, tempat sholat, dan spot foto Instagramable.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: