Pengertian Istilah, Hukum, dan Hadist Mokel Saat Puasa di Bulan Ramadan

Pengertian Istilah, Hukum, dan Hadist Mokel Saat Puasa di Bulan Ramadan

Mokel termasuk bahasa gaul di masyarakat pengguna bahasa Jawa-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama bulan Ramadhan banyak orang dikejutkan dengan istilah-Istilah seperti "mokel" yang sering muncul di media sosial selama bulan ramadhan. 

Bagi kamu yang belum mengetahui arti mokel, artikel ini akan memberikan pembahasan mengenai pengertian dan hukum mokel di bulan ramadhan. Yuk, simak ulasanya bersama-sama. 

Pengertian Mokel 

Kata mokel kerap diungkapkan oleh kalangan kalangan tertentu sehingga sebagian orang mungkin bertanya mokel itu apa. Mokel termasuk bahasa gaul di masyarakat pengguna bahasa Jawa, terutama warga asal Jawa Timur

Saat dikaitkan dengan orang yang berpuasa, istilah ini bermakna negatif.

Mokel puasa artinya apa dan bagaimana hukumnya dalam Islam? Penjelasan lengkapnya bisa disimak dalam ulasan berikut

Apa itu mokel? Dirangkum dari berbagai sumber mokel adalah membatalkan puasa sebelum waktu berbuka. Misalnya dengan makan atau minum saat pagi, siang, atau sore hari pada bulan Ramadhan ketika waktu maghrib belum tiba.

BACA JUGA:Golongan Orang-orang yang Celaka di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Ciri-cirinya

Mengingat puasa adalah menahan diri dari segala hal membatalkannya (termasuk makan dan minum pada siang hari), mokel artinya membuat puasa batal dengan sengaja. 

Maka itu, istilah mokel sering berkonotasi negatif karena hal-hal yang membatalkan puasa baru boleh dilakukan pada waktu setelah maghrib hingga jelang subuh.

Arti mokel dalam puasa tadi umum berlaku di kalangan pengguna bahasa Jawa. Bahasa gaul mokel lainnya yang punya arti serupa ialah mokak, mokah, hingga godin.

Hukum Mokel Saat Puasa Ramadhan

Apa hukum mokel puasa? Mokel adalah membatalkan puasa dengan sengaja. Pada bulan Ramadhan, orang Islam yang telah wajib berpuasa harus menahan diri dari hal-hal yang membatalkan ibadah ini sejak fajar terbit (awal waktu subuh) hingga matahari tenggelam (waktu maghrib).

Lantas, apakah mokel itu dosa? Dalam Islam, kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan berlaku untuk muslim dan muslimah yang sudah baligh, berakal, serta memenuhi syarat wajib puasa lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: