Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-piso yang Berada di Ketinggian 800 Mdpl

Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-piso yang Berada di Ketinggian 800 Mdpl

Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-piso Yang Berada di Ketinggian 800 Mdpl-Akun Insatagram @pegipegi-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat berkunjung ke Sumatera Utara ada berbagai destinasi wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi. Selain terkenal dengan air terjun Ponotnya yang menjadi salah satu wisata air terjun tertinggi di Indonesia, Sumatera Utara juga menawarkan wisata air terjun yang tak kalah menarik, salah satunya air terjun Sipiso-piso.

Air Terjun Sipiso-piso berada tidak jauh dengan destinasi wisata terkenal di Sumatera Utara yakni Danau Toba. Air terjun yang satu ini terletak di Desa Pengambaten, Kecamatan. Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, khususnya masyarakat di Kabupaten Karo. Sama hal nya dengan air terjun Ponot, Air Terjun Sipiso-piso juga menjadi salah satu destinasi wisata air terjun tertinggi di Indonesia. 


Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-piso Yang Berada di Ketinggian 800 Mdpl-Akun Insatagram @ariemohr-

Pemberian nama Sipiso-piso diambil dari Bahasa Batak yang berarti piso atau pisau. Hal tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya jika diperhatikan air terjun yang satu ini mengalir dari ketinggian 120 meter ini terlihat seperti sebuah bilah pisau yang tajam.

BACA JUGA:Danau Batur Kintamani yang Terkenal dengan Cerita Rakyat, Begini Asal-usulnya

Namun, ada pula pendapat lain yang menyebutkan bahwa nama air terjun ini diambil dari nama Gunung Sipiso-piso yang lokasinya nggak jauh dari air terjun. Aliran Air Terjun Sipiso-piso sendiri berasal dari Sungai Pajanabolon yang mengalir melewati goa kawah Toba.

Air Terjun Sipiso-piso terletak di ketinggian 800 mdpl, tak heran jika suasana di sekitar air terjun terasa sejuk menyegarkan khas pegunungan. Para wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Sipiso-piso akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. 


Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-piso Yang Berada di Ketinggian 800 Mdpl-Akun Insatagram @ariemorhr-

Selain itu, Air Terjun Sipiso-piso memiliki nilai spiritual dan religius bagi suku Karo yang tinggal di sekitarnya. Tempat ini dianggap suci dan diberikan penghormatan oleh masyarakat setempat sebagai salah satu tempat yang sakral. 

Saat berkunjung ke air terjun ini para wisatawan dapat melihat dan belajar tentang kebudayaan dan tradisi suku Karo, yang merupakan warisan budaya yang berharga. Tak hanya itu, Bagi kamu yang menyukai petualangan, Air Terjun Sipiso-piso menawarkan kesempatan untuk trekking dan menjelajahi alam sekitarnya.

BACA JUGA:Mengenal Desa Wisata Kaliurang di Yogyakarta, Menawarkan Suasana Pedesaan yang Asri

Ada jalur-jalur pendakian yang dapat diikuti untuk mencapai puncak air terjun atau menjelajahi daerah sekitar. Ini memberikan petualangan menarik bagi penyuka kegiatan fisik dan eksplorasi.

Air Terjun Sipiso-piso juga memiliki sejumlah anak tangga yang membentang di sepanjang jalur menuju ke bawah air terjun. Pada saat ingin menuju ke Air terjun kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, namun setelahnya jika kamu ingin beranjak pulang kamu harus menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 800 hingga 1.000 anak tangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: