Menilik Sejarah dan Pesona Kawah Biru yang Berasal dari Letusan Gunung Kerinci di Abad ke 14

Menilik Sejarah dan Pesona Kawah Biru yang Berasal dari Letusan Gunung Kerinci di Abad ke 14

Sejarah dan Pesona Kawah Biru Yang Berasal dari Letusan Gunung Kerinci di Abad ke 14-budi_budy_77-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat berkunjung ke Riau ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Riau merupakan salah satu Provinsi yang menjadi tujuan wisata karena menawarkan destinasi wisata alam yang menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga dan teman-teman. 

Banyak wisatawan berkunjung ke Riau hanya untuk menjelajahi berbagai deestinasi wisata yang ada di sana. Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Riau adalah Kawah Biru


Sejarah dan Pesona Kawah Biru Yang Berasal dari Letusan Gunung Kerinci di Abad ke 14-Akun Insatagram @guixjress-

Kawah Biru merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Banyak orang yang berkunjung karena memang pemandangan yang indah dan cocok untuk latar belakang foto yang instagramable. 

Kawah Biru terletak di desa tanah merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona, ada banyak hal menarik yang bisa memberikan pengalaman mengesankan saat berkunjung ke sana. Para wisatawan yang berkunjung ke sana akan berdecak kagum karena keindahan yang dimilikinya. 

BACA JUGA:Danau Batur Kintamani yang Terkenal dengan Cerita Rakyat, Begini Asal-usulnya

Sejarah Kawah Biru 

Di balik keindahannya, Kawah biru memiliki sejarah yang melekat hingga kini. Sejarah terbentuknya Kawah Biru Pekanbaru berasal dari letusan Gunung Kerinci yang terjadi pada abad ke-14.

Letusan ini membentuk kawah besar di area Bukit Barisan dan kemudian terisi oleh air hujan, membentuk sebuah danau vulkanik. Air di danau tersebut berasal dari air hujan dan air dari sungai yang mengalir dari sekitar kawasan Bukit Barisan.

Sejak awal ditemukan, Kawah Biru telah menjadi tempat wisata populer bagi masyarakat setempat. Namun, pada tahun 2016, terjadi kerusakan pada danau ini akibat ulah manusia yang melakukan penambangan emas liar di sekitar kawasan. 


Sejarah dan Pesona Kawah Biru Yang Berasal dari Letusan Gunung Kerinci di Abad ke 14-Akun Insatagram @guixjrsse-

Hal ini menyebabkan kualitas air Kawah Biru Pekanbaru menjadi tercemar dan warnanya tidak lagi biru kehijauan. Namun, setelah dilakukan upaya restorasi dan rehabilitasi oleh pihak terkait, Kawah Biru kembali dibuka untuk umum pada tahun 2020 dengan keindahan airnya yang sudah pulih. Saat ini, Kawah Biru Pekanbaru menjadi destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Panorama Sunrise di Pantai Sanur Bali

Daya Tarik Kawah Biru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: