Destinasi Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat, Simak Daya Tarik dan Fasilitasnya

Destinasi Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat, Simak Daya Tarik dan Fasilitasnya

Danau Maninjau yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis-Pinterest-

Danau Maninjau juga menjadi salah satu pemasok sumber air untuk sungai-sungai di sekitarnya. Utamanya adalah Sungai Batang Sri Antokan. Selain itu, Danau Maninjau ini juga tidak terlepas dari legendanya yang sudah turun temurun dari para leluhur setempat ke anak cucunya.

Konon, danau ini terbentuk karena legenda Bujang Sembilan yang mengisahkan persaudaraan 10 orang yang terdiri dari 1 orang gadis dan 9 bujang.

BACA JUGA:Berpetualang ke Curug Madakaripura di Desa Terpencil Lereng Gunung Bromo

Dikisahkan jika sang gadis dalam anggota keluarga itu menjalin hubungan asmara dengan pria bernama Giran. Namun seperti kisah cinta lainnya, sang gadis dan Giran mengalami cobaan. Kesembilan bujang menuduh saudara perempuannya dan Giran sudah berhubungan terlalu jauh.

Meski belum terbukti bersalah, sang gadis dan Giran akan dibuang ke kawah Gunung Tinjau. Namun sebelum dibuang, Giran berdoa untuk memberikan hukuman yang setimpal kepada orang-orang yang memfitnahnya.


Danau Maninjau yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis-Pinterest-

Sementara untuk bujang sembilan, Giran berdoa meminta Yang Maha Kuasa untuk menjadikan mereka ikan. Sampai akhirnya sang gadis dan Giran dibuang ke kawah dengan lahar panas, gunung tiba-tiba saja meletus dengan hebatnya.

Gunung memuntahkan segala isinya dan memporak-porandakan lingkungan di sekitarnya. Lambat laun bekas muntahan isi gunung tersebut menjadi danau yang luas. Sembilan bujang pun kemudian berubah menjadi ikan yang diyakini menjadi penghuni danau.

BACA JUGA:Segarnya Air Terjun Kanto Lampo, Air Terjun Berundak di Desa Beng Kabupaten Gianyar, Bali

Daya Tarik Danau Maninjau 

Danau Maninjau kerap kali dijadikan pilihan wisata saat berlibur. Bagi kamu yang suka tempat yang asri, tenang, dan dikelilingi oleh pegunungan, Danau Maninjau ini merupakan tempat yang tepat. Karena memang tempat satu ini terkenal memiliki panorama eksotis yang membuat wisatawan betah.

Selain menikmati panorama Danau Maninjau, ada banyak aktivitas seru lain yang bisa dilakukan di tempat ini. Contoh yang paling banyak dilakukan wisatawan adalah berburu foto kecantikan Danau Maninjau. Baik dari jarak dekat atau jauh.

Sementara bagi yang suka memancing ikan, Danau Maninjau bisa menjadi spot yang sangat tepat. Banyak sekali jenis ikan yang hidup sini. Bahkan bagi yang ingin memancing dengan nyaman lagi, bisa sewa perahu dari warga setempat.

Bagi penikmat senja, Danau Maninjau juga bisa jadi lokasi syahdu dan romantis untuk menghabiskan waktu di sore hari. Sang Surya yang perlahan-lahan menghilang dipadukan dengan kabut yang turun perlahan membuat suasana jadi lebih magis.

BACA JUGA:Danau Batur Kintamani yang Terkenal dengan Cerita Rakyat, Begini Asal-usulnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: