Destinasi Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat, Simak Daya Tarik dan Fasilitasnya

Destinasi Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat, Simak Daya Tarik dan Fasilitasnya

Danau Maninjau yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis-Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain terkenal dengan wisata kulinernya yang menawarkan berbagai makanan khas yang lezat dan bikinin merem melek, Sumatra Barat banyak juga menawarkan rekomendasi wisata yang tak kalah menakjubkan. Salah satunya Danau Maninjau yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Hal ini membuat destinasi ini cocok untuk segera dijelajahi. 

Lokasi Danau Maninjau 

Danau Maninjau berlokasi di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jika ditempuh dari Kota Bukittinggi, jaraknya kurang lebih 36 kilometer dan akan memakan waktu 1 jam perjalanan. Bisa menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum seperti bus.

Sementara jika kamu berangkat dari Lubuk Basung Kabupaten Agam, berjarak 17,3 kilometer saja. Jika lewat Jl. Maninjau-Lubuk Basung, hanya perlu 29 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

BACA JUGA:Seru-seruan di Wisata Kebun Gowa Sulsel, Coba Berbagai Wahana Bermain yang Menyenangkan

Saat menempuh jalan ke Danau Maninjau, kamu akan dihibur dengan pemandangan alam memukau. Apalagi jika melewati Kelok 44 atau Kelok Ampek Puluh Ampek, panorama yang disuguhkan sangat menarik, sayang jika ditinggal tidur.

Danau Maninjau ini memiliki luas sekitar 100 km persegi dan berada pada ketinggian 460 meter di atas permukaan laut. Dengan luas tersebut, Maninjau ini masuk ke dalam jajaran danau terluas di Indonesia.


Danau Maninjau yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis-Pinterest-

Kedalamannya kurang lebih 165 meter dan banyak digunakan masyarakat setempat untuk tempat budidaya ikan. Karena itulah, jangan heran jika sekeliling mata memandang kamu akan melihat keramba ikan dengan gampang.

Ciri khas danau yang satu ini ialah memiliki jumlah keramba ikan yang banyak sekali jumlahnya, diisi dengan berbagai macam ikan. Mulai dari ikan nila, mas, bada, dan lain sebagainya. Bagi penggemar olahan ikan, bisa membelinya dari nelayan setempat. Bisa diolah di rumah atau di warung-warung terdekat.

BACA JUGA:Berkunjung ke Curug Cikanteh, Destinasi Wisata Populer di Sukabumi, Jawa Barat

Asal-usul Danau Maninjau 

Tahukah kamu? Di balik keindahannya asal usul Danau Maninjau, ternyata tempat wisata ini merupakan hasil erupsi vulkanik dari Gunung Sitinjau. Kejadiannya sudah berlangsung lebih dari 52 ribu tahun yang lalu.

Letusan yang dihasilkan oleh Gunung Sitinjau tersebut jumlahnya sangat banyak, mencapai 250 piroklastik. Hamburannya menyebar kemana-mana dan menghasilkan kaldera atau lubang besar berbentuk wajan lambat laut menjadi danau yang sangat luas, yang sekarang kita sebut sebagai Danau Maninjau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: