Berpetualang ke Curug Madakaripura di Desa Terpencil Lereng Gunung Bromo

Berpetualang ke Curug Madakaripura di Desa Terpencil Lereng Gunung Bromo

Curug Madakaripura di Desa Terpencil Lereng Gunung Bromo-Akun Insatagram @ucle_garrylommy-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu destinasi wisata yang paling diminati saat berkunjung ke Jawa Timur adalah gunung Bromo. Tetapi tahukah kamu di lereng gunung Bromo terdapat salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi.

Destinasi wisata ini adalah adalah Curug Madakaripura. Curug Madakaripura merupakan salah satu air terjun yang menawarkan pemandangan eksotik ini menjadi objek wisata alam yang paling banyak dicari para wisatawan, baik lokal maupun asing.

Memiliki pemandangan alam yang mempesona membuat Curug Madakaripura menjadi salah satu air terjun terindah yang ada di Indonesia. Curug Madakaripura berada di sebuah desa terpencil yang ada di Lereng Gunung Bromo. Curug ini terletak di Desa Tlogorejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

Dari pusat Kota Probolinggo menuju lokasi curug menempuh jarak sekitar 30 km atau menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat. Sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan keindahan panorama hijaunya lereng pegunungan.

BACA JUGA:Danau Batur Kintamani yang Terkenal dengan Cerita Rakyat, Begini Asal-usulnya

Untuk sampai ke Curug Madakaripura kamu harus melakukan tracking menyusuri jalan setapak dan menyeberangi sungai selama sekitar 1 jam. Namun tidak perlu khawatir, akses jalan yang dilalui sudah sangat bagus, apalagi di depan gerbang pintu masuk Curug Madakaripura banyak orang yang menawarkan jasa guide bagi mereka yang belum terbiasa berpetualang di alam raya.

Di samping kiri kanan kamu akan disuguhkan aliran air sungai yang jernih, dan pepohonan yang menghijau sejauh mata memandang. Selain itu, disepanjang jalan kamu akan menjumpai beberapa  kera ekor panjang yang sesekali melompat dari atas ranting pohon, menjadi teman setia menyusuri tapak demi tapak langkah kaki menuju lokasi curug. 


Curug Madakaripura di Desa Terpencil Lereng Gunung Bromo-Akun Insatagram @pinoy_wanderlust-

Ketika bukit-bukit terjal dan bebatuan cadas mulai terlihat, itu tandanya lokasi curug sudah dekat. Pemandu wisata di sini biasanya memerintahkan setiap pengunjung untuk mengenakan jaket anti air saat ingin memasuki lokasi curug. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya untuk memasuki lokasi curug utama, pengunjung harus melewati tumpahan air dari tebing. Air dari tebing tinggi yang jatuh dan terhempas angin tersebut menghasilkan curahan air layaknya hujan. 

BACA JUGA:Mengenal Desa Wisata Kaliurang di Yogyakarta, Menawarkan Suasana Pedesaan yang Asri

Perlu diingatkan bahwasanya, kamu harus tetap berhati-hati, karena setiap pengunjung nantinya harus melewati pinggir batuan cagas yang terjal, tepat di bagian bawahnya terdapat kolam alami tempat air curug tercurah. Seteleh melewati gundukan batuan cadas tersebut, barulah pengunjung akan melihat keindahan curug utama Madakaripura yang luar biasa indah. 

Curug Madakaripura memiliki lengkungan tebing yang sempurna dengan ketinggiannya mencapai 170 meter, menjadikan Madakaripura sebagai curug tertinggi sekaligus terindah di Pulau Jawa. Saat berkunjung ke curug ini kamu jangan sampai melewatkan moment dengan berfoto, Curug Madarika menjadi tujuan wisatawan karena memiliki spot foto yang instagramable di setiap sudutnya. 


Curug Madakaripura di Desa Terpencil Lereng Gunung Bromo-Akun Insatagram @gembel_traveller-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: