Pakai Trik Alami Ini, Ampuh Pudarkan Noda Gelap dan Bekas Jerawat di Wajah

Pakai Trik Alami Ini, Ampuh Pudarkan Noda Gelap dan Bekas Jerawat di Wajah

Tips hilangkan noda hitam di wajah-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kemunculan noda hitam di wajah merupakan salah satu masalah kulit yang sering mengganggu banyak orang. 

Noda hitam sendiri muncul akibat dari proses hiperpigmentasi atau penumpukan pigmen warna kulit yang bernama melanin. Melanin inilah yang membuat beberapa area kulit menjadi lebih gelap dari warna aslinya.

Noda hitam sendiri biasanya berasal dari dua hal, yaitu flek dan bekas jerawat. Flek hitam biasanya muncul di wajah dalam bentuk bercak-bercak pigmentasi dengan ukuran yang beragam. 

BACA JUGA:Perkuat Skin Barrier untuk Menjaga Kelembapan Wajah, Pakai Racikan Berbahan Alami Berikut

Timbulnya flek hitam sejatinya dipicu dari paparan sinar matahari yang dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi pigmen warna (melanin) dengan lebih cepat.

Jumlah melanin yang bertambah dengan cepat ini kemudian akan menumpuk dan muncul di wajah dalam bentuk bercak cokelat kehitaman. 

Sementara itu, jerawat juga dapat meninggalkan noda cokelat gelap yang dikenal dengan istilah PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Kasus ini bisa muncul karena proses peradangan jerawat dapat merusak jaringan kulit.

BACA JUGA:Masih Ada Peluang!Terapi Akupunktur untuk Tangani Anak Alergi

Sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini kemudian membawa melanin berlebih ke lapisan atas kulit, sehingga berujung pada timbulnya bercak gelap di kulit. 

Jika kamu menghadapi permasalahan kulit tersebut, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami, dengan berbahan dasar kentang.

Kentang adalah sejenis umbi-umbian yang penuh akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan zat antioksidan. Gabungan senyawa ini tidak hanya membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru, namun juga efektif dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak. 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Gerakan Khusus Sakit Pinggang untuk Redakan Nyeri

Dengan kandungan tersebut, kentang dapat menutrisi kulit dan memberikan kecerahan alami untuk memudarkan bekas jerawat dan flek hitam.

Selain itu, kentang juga memberikan efek menenangkan pada kulit sehingga mengurangi efek peradangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: