Masih Ada Peluang!Terapi Akupunktur untuk Tangani Anak Alergi

Masih Ada Peluang!Terapi Akupunktur untuk Tangani Anak Alergi

dapat dikatakan terapi akupunktur anak ini sangat aman dan cukup efektif.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Faktor pemicu alergi pada anak memang sangat beragam. Beberapa diantaranya yang dicurigai adalah mulai dari makanan, debu, cuaca, hingga bulu hewan. Gejala yang ditimbulkan pada anak alergi juga beragam, mulai dari gatal, hingga asma. Kedua gejala ini memang sangat mengganggu, dan bisa bikin anak jadi nggak nyaman.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, orangtua nggak perlu khawatir lagi. Karena sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak alergi. Salah satunya dengan terapi akupunktur anak. Seberapa amankah terapi ini? Serta bagaimana soal keefektifannya dalam mengatasi anak alergi?

BACA JUGA:3 Weton Ini Punya Hoki yang Gak Ada Habisnya!

Jenis alergi apa yang paling sering terjadi pada anak?
Alergi merupakan sebuah reaksi pada imun tubuh manusia yang timbul dengan cara yang nggak biasa. Reaksinya terkadang menimbulkan seakan-akan suatu benda dianggap sangat berbahaya. Misalnya susu sapi, seharusnya nggak bahaya buat kita. Tapi untuk anak alergi, tubuhnya bisa bereaksi karena alergi (bisa dari saluran napas atau saluran cerna.

Mengenai jenis alergi yang paling awam terjadi pada anak dokter Iin menjelaskan, dermatitis atopik (alergi di kulit) jadi yang paling sering ditemui. Munculnya alergi ini dimulai pada usia 1 bulan ke atas, reaksinya berupa ruam di pipi.

BACA JUGA:Bisa Tajir 7 turunan, Ini 5 Rahasia Sukses Para Chindo Jadi Miliuner

Nah, mengenai penyebab dari dermatitis atopik ini sendiri kebanyakan adalah susu sapi. Untuk anak-anak yang usianya sudah jauh lebih besar, gejala-gejala yang timbul bisa lebih beragam, Salah satunya terkait saluran napas (pilek rhinitis alergi dan asma)

Mengenai penyebabnya biasanya adalah paparan debu, tungau, bulu hewan dan yang jarang disadari adalah mold atau jamur yang muncul di ruangan kamar yang lembab. Alergi termasuk golongan reaksi cepat, sehingga dapat menimbulkan reaksi tertentu.

BACA JUGA:Saat Menjenguk Bayi yang Baru Lahir, Jangan Lupa Amalkan Doa Ini

Beberapa reaksi anak alergi yang rentan timbul diantaranya adalah:
Gatal-gatal di kulit (timbulnya sangat cepat)
Bersin-bersin
Hidung meler/tersumbat
Gatal pada mata/berair
Batuk
Napas berat
Asma (hingga muncul bunyi mengi).

BACA JUGA:Sebagai Wujud Syukur Saat Mendapatkan Rezeki Makanan, Amalkan Doa Berikut Ini

Mengatasi anak alergi, apa yang bisa dilakukan orang tua?
Menurut pada ahli dari Medical News Today saat ini dapat dikatakan alergi memang merupakan gangguan kesehatan yang nggak bisa disembuhkan. Jadi tubuh anak biasanya sudah memiliki ‘memori’, jika suatu saat bertemu lagi dengan paparan atau pencetus alergi, maka akan timbul reaksi yang sama.

Pada kondisi anak alergi, prinsip utamanya yang perlu digaris bawahi adalah melakukan upaya penghindaran paparan alergen tersebut. Kalau sudah menimbulkan reaksi, maka Parents harus punya obat-obatan khusus untuk meredakan gejala. Obat antihistamin adalah salah satu contohnya ataupun obat-obatan lain untuk mencegah serangan asma. Mengatasi anak alergi ini sejatinya cukup challenging.

BACA JUGA:Law of Attraction, Cara Jitu Miliarder Mewujudkan Kekayaan dan Kesuksesan

Mengingat pemicunya tidak terlihat, misalnya seperti tungau yang terkadang walau sudah membarrier tubuh anak dengan masker, tetap saja tembus. Mengenai cara menghindari alergi selain menghindari faktor pemicunya, kita juga perlu menjaga kondisi tubuh anak dan menjaga kebersihan lingkungan

Misalnya untuk mencegah anak gatal-gatal di kulit, Parents bisa menjaga agar kulit anak tetap lembab dan tidak kering. Mengingat tungau sangat gemar menempel pada kulit manusia yang kering dan kotor.Bisa juga menghindari paparan polutan, rajin mencuci hidung, menggunakan penjernih udara di dalam rumah, menghindari makanan pemicu alergi dan menjaga kebersihan. Pada penanganan medis, mengatasi anak alergi juga bisa dilakukan dengan teknik akupunktur anak.

BACA JUGA:Waspada! Jaga Keamanan Akun Tokopedia Anda, Ikuti Caranya

Seberapa aman dan efektifkah terapi akupuntur ini?
Mengenai hal ini, terapi akupunktur anak memang bisa membantu mengendalikan gejala.Alergi bukanlah suatu kondisi yang bisa disembuhkan, namun tetap bisa dikendalikan gejalanya. Yang orang tahu, terapi akupunktur akan menggunakan jarum sebagai alat terapi utama. Tapi yang perlu digaris bawahi, terapi akupunktur anak efeknya nggak bisa instan dan memerlukan efek akumulasi.

Jadi ketika orantua datang ke dokter untuk meminta terapi akupunktur, saat alergi anak sedang kambuh, jelas hal ini nggak bisa dilakukan. Diperlukan terapi yang cukup banyak, agar terjadi reaksi regulasi dalam imun tubuh. Kalau kondisi imunnya lebih baik, maka otomatis gejalanya juga akan berkurang dan terkendali. Nah, yang kedua akupuntur juga nggak bisa dilakukan ketika anak menolak (tantrum atau takut).

BACA JUGA:Tak Hanya Diminum, Bubuk Kopi Bisa Jadi Masker Atasi Pori Besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: