Mencoba Aunu Senebre, Makanan Tradisional yang Hanya Dapat Ditemukan di Papua

Mencoba Aunu Senebre, Makanan Tradisional yang Hanya Dapat Ditemukan di Papua

Aunu Senebre khas Papua-Akun Insatagram @nidarudi -

BENGKULUESKPRESS.COM - Jika bicara soal kuliner Papua terkenal dengan Papeda yang memiliki ciri khas tersendiri karena memiliki tekstur yang berbeda dari makanan lainnya. Namun, tentunya Papua juga memiliki makanan khas yang tidak kalah menarik. 

Ada banyak kuliner yang bisa kamu coba saat berada di Papua, seperti kuliner yang bernama Aunu Senebre.

Cita rasa asli kuliner khas yang satu ini hanya bisa kamu temukan di Papua karena Aunu Senebre yang dimasak oleh masyarakat Papua tentunya memiliki cita rasa khas yang masih sangat tradisional.

Aunu Senebre terbuat dari irisan daun talas dengan campuran ikan teri nasi. Sama seperti papeda, umumnya Aunu Senebre pun dimakan bersamaan dengan menu umbi-umbian, serta sup ikan. Cita rasa campuran menu tersebut sangat unik, asin, gurih, dan sedikit sentuhan rasa manis. 

Tahukah kamu, Aunu Senebre menjadi semakin populer karena masuk nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2017. Aunu Senebre masuk dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler.

BACA JUGA:Mengenal Kue Lepek Binti Warisan Budaya Bengkulu, Paduan Ketan dan Gula Merah yang Menggugah Selera

Wajar saja jika makanan yang satu ini dianggap populer, karena masakan ini sangat mudah ditemukan di seluruh pelosok Papua. Tak ada yang menolak bila disajikan masakan ini. Kelezatannya memang istimewa dan tidak ditemukan diluar Papua.

Makanan yang mudah ditemukan di Papua ini mempunyai tampilan yang begitu tradisional sehingga siapa pun yang menyantapnya akan merasakan sensasi istimewa.

Banyak orang yang menilai jika makanan khas Papua yang satu ini memiliki tekstur yang kering, akan tetapi pada kenyataannya makanan khas Papua yang satu ini mempunyai tekstur yang tidak terlalu kering. 

BACA JUGA:Nikmati Cita Rasa Timphan, Hidangan Kerajaan Aceh

Untuk membuat Aunu Senebre kamu cukup siapkan daun talas berbatang yang kemudian diiris tipis lebih dulu, garam secukupnya, kelapa parut bertekstur kasar, dan ikan teri nasi yang sudah digoreng setengah matang. Pastikan daun talas dan batangnya menjadi lebih lembek yang kemudian diiris tipis.

Siapkan alat kukusan, kukus irisan daun talas yang sebelumnya sudah direbus bersama dengan garam, teri nasi. Pada dasarnya Aunu Sanebre merupakan kukusan ikan teri dengan tekstur lembut yang memiliki cita rasa asin gurih, sehingga saat jadi menu lauk pauk atau pendamping lebih mudah untuk dikonsumsi dan kelezatannya mudah menyatu.

Aroma dan daun talas sendiri sedikit pedas, maka irisan daun ini memberikan kelengkapan rasa unik pada sajian Aunu Senebre dari papua. Daun talas memiliki fungsi bagi kesehatan tubuh antara lain bersifat anti radang dan mampu mengurangi pembengkakan.

Aunu Senebre bisa jadi pilihan wisata kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung di Provinsi Papua, namun perlu diperhatikan saat menikmati makanan yang satu ini. Daun talas yang menjadi bahan Aunu Senebre jika salah pada proses masak akan menyebabkan rasa gatal saat dimakan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: