Dikira Buatan China! Inilah Deretan Produk Elektronik Asli Indonesia

Dikira Buatan China! Inilah Deretan Produk Elektronik Asli Indonesia

produk elektronik asli buatan Indonesia tetap memiliki kualitas yang bagus, bahkan mampu tembus pasar dunia--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Indonesia memang menjadi pasar yang besar bagi negara lain untuk memasarkan produk buatan mereka, termasuk produk elektronik. Tak bisa dipungkiri bahwa produk elektronik buatan China, Jepang dan Korea kini mendominasi isi rumah masyarakat Indonesia. Padahal, sebenarnya ada banyak brand produk elektronik asli buatan Indonesia.

Meski tak secanggih produk dari ketiga negara tersebut, produk elektronik asli buatan Indonesia tetap memiliki kualitas yang bagus, bahkan mampu tembus pasar dunia.Berikut 7 produk elektronik asli buatan Indonesia yang perlu kamu ketahui, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:6 Weton Tibo Pati Ini Tuai Kesuksesan Setelah Merasakan Mati?

1. Cosmos
PT Star Cosmos didirikan pada 17 September 1976 oleh Ir Alam Surjaputra. Pabrik pertamanya berada di daerah Tangerang. Brand Cosmos tercipta usai banyaknya produk elektronik asal Jepang yang harganya sangat kompetitif.

Hingga akhirnya bapak Alam Surjaputra yang merupakan insinyur di bidang Teknik Elektro memproduksi sarana penyimpanan beras (SPB) dan menjadi salah satu pionir pertama produsen lokal untuk produk home appliance di Indonesia. Adapun produk-produk dari brand Cosmos ada Radio, mesin cuci, kulkas, telegisi, kipas angin, rice cooker dan lainnya.

BACA JUGA:5 Weton Ini Rezekinya Seluas Lautan dan Setinggi Gunung

2. Maspion
PT Maspion didirikan pada tahun 1967 oleh Ali Markus. Brand ini tercipta berawal dari usaha kecil yang menjual lampu tembok dan perlengkapan rumah. Seiring berjalannya waktu, brand Maspion semakin berkembang dan berubah menjadi perusahaan raksasa yang sudah mengekspor produknya ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Timur Tengah.

3. Polytron
Polytron merupakan salah satu brand lokal yang kerap dipersepsikan sebagai produk luar negeri. Bahkan, banyak yang mengira brand ini merupakan asal Jepang. Padahal seluruh proses produksi mulai dari pembuatan hingga perakitan dilakukan di desa Krapyak, Jawa Tengah.

Sebelum berubah nama menjadi PT Hartono Istana Elektronik, perusahaan yang mulai beproduksi pada 8 September 1975 ini bernama PT Indonesia Electronic and Engineering.Diketahui, 50 persen komponen bahan baku yang digunakan Polytron berasal dari dalam negeri, sehingga bisa menekan biaya produksi karena bahan baku dalam negeri cenderung lebih murah.

BACA JUGA:Kaya Raya! 4 Weton Ini Punya Wahyu Kemakmuran Menurut Primbon Jawa

4. Sanken
Sanken didirikan sejak tahun 1995. Perusahaan yang berkantor pusat di Tangerang ini juga ikut meramaikan industri elektronik lokal Indonesia. Sanken terus berinovasi menciptakan produk elektronik modern dengan menggunakan komponen lokal dan proses produksi dikerjakan di pabrik milik sendiri. Brand Sanken berfokus menciptakan peralatan rumah tangga, yakni mesin cuci, dispenser, kulkas, rice cooker, dan kipas angin.

5. Miyako
Bagi anak kos atau ibu rumah tangga pasti tak asing dengan brand Miyako. Pasalnya, Miyako memiliki salah satu alat elektronik yang selalu ada di rumah, yakni rice cooker. Nama Miyako memang terkesan seperti merek asal Jepang. Namun, produk elektronik rumah tangga ini asli buatan Indonesia. Miyako didirikan pada tahun 1970. Perusahaan bernama PT Kencana Gemilang ini berarti sudah berdiri selama 53 tahun lamanya. Adapun produk-produk Miyako antara lain Blender, kipas angin, mixer, hair dryer, hingga oven.

BACA JUGA:Hati-hati Gais! Jangan Mudah Tertipu dengan Orang 3 Weton Ini

6. Advan
Sudah bukan rahasia umum lagi jika pasar smartphone Indonesia kini lebih banyak diisi oleh produk-produk asing, seperti Xiaomi dari China, Samsung dan Korea dan Apple dari Amerika. Nyatanya, Indonesia juga memiliki produk smartphone lokal yang keberadaannya mungkin tak selalu disadari.

Brand smartphone asli Indonesia tersebut adalah Advan. Perusahaan smartphone satu  ini didirikan pada 2007 yang berfokus memproduksi beberapa barang elektronik seperti smartphone 2G dan tablet. Salah satu kelebihan Advan adalah harganya yang terjangkau. Meski begitu, spesifikasinya tetap keren dan mumpuni.

BACA JUGA:Rezeki 3 Weton Ini Bikin Iri Tetangga karena Sifat Sombongnya

7. Axioo
Axioo menjadi brand laptop yang pernah booming dikalangan pelajar dan mahasiswa. Produk ini didirikan pada 2004. Axioo pernah mendapatkan penghargaan kategori produsen notebook pertama di Indonesia yang menggunakan processor intel 2D generasi Core i7. Tak hanya itu, Axioo juga menjadi salah satu komputer brand lokal yang berhasil menembus jajaran produk dunia dan memiliki perusahaan internasional yang didirikan di Singapura.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: