Ini Dia Jenis-jenis Speaker yang Harus Kamu Tahu

Ini Dia Jenis-jenis Speaker yang Harus Kamu Tahu

Tanpa speaker berkualitas, suara musik yang didengarkan tidak akan maksimal, bahkan bisa jadi terdengar aneh dan sember.--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Speaker sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk manusia saat ini. Manusia menggunakan Speaker untuk menonton film, mendengarkan musik, bermain game, dan berkomunikasi melalui video conference.  Pada dasarnya, setiap orang senang mendengarkan musik. Pagi, siang, sampai malam sulit rasanya lepas dari musik. Dari mulai anak hingga orang dewasa, semuanya menyenangi musik.

BACA JUGA:6 Weton Tibo Pati Ini Tuai Kesuksesan Setelah Merasakan Mati?

Untuk mendengarkan musik tentu butuh seperangkat alat. Salah satu perangkat yang mutlak dibutuhkan untuk mendengarkan musik adalah alat bernama speaker. Adalah Johann Philipp Reis yang pertama membuat speaker elektronik di dalam telepon pada 1861. Speaker buatan Reis disempurnakan dan dipatenkan oleh Alexander Graham Bell untuk telepon buatannya pada 1876.

Sejak saat itu, penggunaan speaker pun meluas ke berbagai alat lainnya. Seperti untuk mendengarkan lagu, menonton film, hingga saat ini menjadi perangkat pelengkap di komputer atau multimedia lainnya.

BACA JUGA:5 Weton Ini Rezekinya Seluas Lautan dan Setinggi Gunung

Untuk bisa mendengarkan musik dengan nikmat dan nyaman hanya akan didapat dengan menggunakan speaker terbaik. Tanpa speaker berkualitas, suara musik yang didengarkan tidak akan maksimal, bahkan bisa jadi terdengar aneh dan sember.

Karena itu, saat memilih speaker, pastikan kamu memeriksa komponen yang menjadi bahan utama, seperti daun speaker di bagian depan yang akan menentukan kualitas suara yang muncul. Semakin lentur daun suaranya semakin bagus suara yang terdengar. Daun suara yang lentur juga akan lebih awet.

Selain itu, perhatikan magnet yang ada di bagian belakang. Semakin besar magnet maka semakin berkualitas suara yang dihasilkan. Kejernihan dan kebulatan suara dihasilkan dari sebuah speaker dengan magnet yang besar.

BACA JUGA:Kaya Raya! 4 Weton Ini Punya Wahyu Kemakmuran Menurut Primbon Jawa

Terakhir, tentu saja sesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang harus membeli speaker berkulitas tinggi untuk mendapatkan audio yang jernih dan bulat, cari dan beli speaker terbaik yang dibutuhkan. Namun, jika sudah cukup dengan suara speaker yang sedang-sedang saja, tidak perlu membeli speaker mahal karena hanya akan melakukan pemborosan.

Sebelum membeli speaker terbaik, ada baiknya kamu mengenali dulu jenis-jenis speaker yang ada saat ini karena pada dasarnya suara yang dihasilkan oleh speaker memiliki range yang berbeda. Ada yang bekerja di range rendah, sedang, hingga tinggi. Daripada makin bingung, yuk simak jenis-jenis speaker di bawah in!

BACA JUGA:6 Weton Urat Sugih yang Punya Keberuntungan Rezeki Sejak Lahir

Subwoofer
Subwoofer merupakan speaker penghasil suara dengan nada rendah. Bekerja di frekuensi 20-200 Hz sehingga akan menghasilkan suara berat yang lebih sering disebut dengan bass. Ukuran Subwoofer biasanya paling besar dibanding jenis speaker lainnya, paling tidak sekitar 12 inci hingga 21 inci. Ukuran yang besar ini bukan tanpa alasan karena suara rendah yang dihasilkan bakal lebih optimal jika melalui speaker yang berdiameter besar.

Untuk menunjang kerjanya, Subwoofer akan diletakkan di sebuah boks khusus yang dilengkapi dengan lubang sehingga suara bass yang dihasilkan akan terdengar lebih maksimal.

BACA JUGA:Hati-hati Gais! Jangan Mudah Tertipu dengan Orang 3 Weton Ini

Woofer
Seperti halnya subwoofer, speaker Woofer juga bekerja untuk menghasilkan suara rendah atau bass. Frekuensi kerjanya berada di kisaran 40-1000 Hz. Perbedaannya ada pada ukuran. Woofer memiliki diameter mulai dari 4 inci hingga 12 inci.

Mirip subwoofer, speaker Woofer pun biasanya dipasang pada satu boks khusus, bahkan tak jarang digabungkan langsung dengan speaker midrange dan tweeter sehingga speaker Woofer masuk dalam sistem 3 way dan dibutuhkan crossover untuk memisahkan frekuensi suara yang berbeda yang muncul dari setiap speaker.

BACA JUGA:Mengenal Gulai Kemba'ang, Makanan Tradisional Khas Bengkulu

Mid Range
Diameter speaker midrange umumnya berada di kisaran 4 sampai 6 inci saja. Frekuensi kerjanya berada di antara 500-5000 Hz. Suara yang muncul terdengar jelas dan terfokus. Speaker midrange merupakan bagian dari sistem 3 way bersama woofer dan tweeter. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat speaker midrange tidak akan menghasilkan nada rendah seperti halnya woofer atau subwoofer.

Speaker ini juga tidak akan menghasilkan suara dengan nada tinggi seperti yang dilakukan tweeter.Tugas speaker midrange adalah menyempurnakan kedua jenis speaker lainnya dalam sistem 3 way, yaitu membantu memunculkan suara vokal dan suara di frekuensi menengah lainnya agar terdengar lebih jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: