Mencoba Kerupuk Melarat, Kerupuk Legendaris Pada Masa Penjajahan Kolonia Belanda

Mencoba Kerupuk Melarat, Kerupuk Legendaris Pada Masa Penjajahan Kolonia Belanda

Kerupuk Melarat -Akun Instagram @endeus.tv-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cirebon memang identik dengan kuliner khasnya yang legendaris. Saat kamu berkunjung ke Cirebon kamu akan menemukan kerupuk legendaris yang selalu dipajang dan bergelantungan di pinggir jalan. 

Kerupuk ini adalah kerupuk Melarat, panganan yang satu ini juga dikenal dengan kerupuk mares. Kata mares merupakan singkatan dari kata "lemah ngeres" tanah berpasir.

Penamaannya bukan berarti dikhususkan untuk orang miskin, namun dikarenakan proses pembuatannya yang tidak menggunakan minyak goreng seperti pada umumnya.

BACA JUGA:Roasted and Bear, Kafe dengan Konsep Beruang Lucu dan Sajian Kuliner Lezat di Yogyakarta

Kerupuk Melarat merupakan kuliner khas Cirebon yang tercipta saat masa sulit, Akan tetapi sejarawan Cirebon menyebut terciptanya kerupuk melarat saat masih ada di penjajahan tanam paksa pada masa penjajahan Kolonial Hindia Belanda yakni 1847. 

Pada waktu Kolonial Hindia Belanda, masyarakat Cirebon dipaksa untuk menanam tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, seperti gula, kopi, dan rempah lainnya.

Sehingga, masyarakat waktu itu tidak bisa menanam padi, karena semua tanaman sudah ditentukan oleh penjajah yang menerapkan sistem tanam paksa.

Kondisi tersebut membuat masyarakat Cirebon tidak memiliki persediaan makanan yang mencukupi. Masyarakat hanya bisa menanam singkong untuk kebutuhan makan sehari-hari.

Pada masa sulit tersebut terciptalah makanan berbahan baku singkong, dan salah satunya adalah kerupuk melarat yang sampai saat ini terus dijaga oleh masyarakat Cirebon.

BACA JUGA:Mampir ke Kedai Lalie Djiwo di Tengah Hutan Pinus, Jawa Timurjun

Kini kuliner tersebut sudah menjadi oleh-oleh khas yang wajib dibawa oleh wisatawan atau orang luar daerah yang mampir ke Cirebon. Harganya ramah kantong, dan rasanya yang gurih membuat makanan khas itu menjadi salah satu buah tangan andalan.

Kerupuk melarat merupakan kuliner khas Cirebon yang harus terus dilestarikan keberadaannya, agar kelak makanan khas itu tidak hanya menjadi sejarah dan tinggal nama.

Kerupuk melarat merupakan pilihan oleh-oleh yang tepat untuk kamu bawa setelah selesai berkunjung ke Cirebon. Jadi, jika kamu berada di Cirebon jangan lupa copa panganan yang satu ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: