Docang, Kuliner Legendaris Khas Cirebon Sudah Terkenal Sejak Abad 15

Docang, Kuliner Legendaris Khas Cirebon Sudah Terkenal Sejak Abad 15

Docang, makanan legendaris khas Cirebon-Akun Instagram @cirebonkuliner_-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cirebon memang terkenal dengan kuliner khasnya yang legendaris, tak heran jika Cirebon menjadi salah satu tempat berburu wisata kuliner yang patut untuk di coba. Selain mie colot dan mie kocloknya yang legendaris, Cirebon juga menawarkan kuliner legendaris yang tak kalah nikmat yakni Docang.

Docang merupakan salah satu sajian kuliner khas Cirebon, yang legendaris. Konon, makanan berkuah dengan cita rasa gurih ini telah ada sejak era Wali Songo.

Tahukah kamu, sebenarnya penamaan Docang sendiri adalah singkatan dari godogan kacang yang berarti air rebusan kacang yang dihaluskan.

BACA JUGA:Rawon, Kuliner Warisan Nenek Moyang Sejak Zaman Kerajaan Majapahit

Kuliner yang satu ini sudah dikenal sejak lama tepatnya ada abad ke-15.  Dalam sejarahnya, makanan ini mulanya dibuat sekelompok orang yang tidak menyukai kegiatan dakwah Islam yang dilakukan Wali Songo. 

Sehingga mereka membuat makanan yang di dalamnya mengandung racun. Namun, saat dihidangkan kepada Wali Songo yang sedang berkumpul di Mesjid Agung Sang Cipta Rasa, racun yang dicampurkan ke dalam makanan tersebut tidak bereaksi atau tidak berpengaruh. 

BACA JUGA:Mengenal Kuliner Unik Ulat Sagu Yang Berasal Dari Papua

Malah sebaliknya, setelah memakan hidangan itu, para Wali Songo justru menyukainya. Seiring berjalannya waktu, Docang semakin populer dan dapat kita temukan di sekitar wilayah Cirebon hingga saat ini.

Docang memiliki cita rasa yang gurih dan segar. Perpaduan lontong, daun singkong, dan tauge menjadi paduan bahan yang membuat hidangan yang satu ini begitu menggugah selera saat disajikan. 

Apalagi siraman kuah yang terbuat dari oncom menambah segar citarasa kuliner khas kota Cirebon ini. Biasanya Docang disantap saat pagi atau malam hari oleh masyarakat di kota berjuluk kota udang ini. 

Kuah yang hangat, kerupuk yang renyah serta parutan kelapa di bagian atasnya menjadikan Docang menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Kota Cirebon

Beberapa sayur-sayuran yang terdapat pada docang antara lain daun singkong, duan pepaya dan tauge yang sebelumnya sudah direbus. Tidak ketinggalan, dalam penyajiannya Docang selalu dihidangkan dengan remasan kerupuk putih.

BACA JUGA:Kelezatan Jagung Bose Khas Nusa Tenggara Timur

Di Cirebon sendiri, Docang umumnya dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Meski begitu, tidak jarang juga dapat ditemukan para penjual docang yang biasa berjualan siang hingga malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: