Kelezatan Jagung Bose Khas Nusa Tenggara Timur

Kelezatan Jagung Bose Khas Nusa Tenggara Timur

Jagung Bose khas Nusa Tenggara timur -Akun Insatagram @mariaoreltha-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika kamu berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) tak lengkap rasanya jika kamu tak mencoba berbagai wisata kuliner yang ada di sana. Salah satu makanan yang wajib kamu coba adalah Jagung Bose.

Jagung Bose dalam bahasa NTT berarti jagung yang dilumatkan. Sajian ini tentunya sangat menyehatkan karena kaya akan serat yang terkandung di dalam biji jagung.

Selain itu Jagung Bose ini tidak hanya terdiri dari biji jagung kering saya, tetapi juga ditambahkan kacang merah, hingga kacang hijau yang kaya protein baik.

Jagung Bose biasanya diolah dengan jagung putih yang lebih pulen, jika tidak adapun tentunya jagung kering merah yang kerap digunakan. Campuran kacang merah, kacang hijau dan sejenisnya menambah gurih Jagung Bose.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kafe Instagramable di Lampung, Cocok Tempat Nongkrong Asyik Bersama Teman dan Keluarga

Saat kamu menyantap makanan yang satu ini, kamu akan merasakan cita rasa manis, dan gurih yang berasal dari jagung. Secara tradisi, rakyat Timor hanya makan jagung bose untuk makan siang dan makan malam.

Untuk sarapan, mereka makan ubi jalar. Ini merupakan kearifan lokal yang patut dihidupkan kembali untuk menjamin diversifikasi pangan, istilah ini dilakukan sebagai langkah pengurangan konsumsi beras yang digantikan oleh penambahan konsumsi bahan pangan non beras . 

Diverifikasi pangan juga bermanfaat untuk memperoleh nutrisi dari sumber gizi yang  lebih beragam dan seimbang. Nah, biofisika yang ada di daerah Nusa Tenggara cocok untuk menghasilkan jagung dan umbi-umbian. 

Selain enak dan nikmat makanan yang satu ini memiliki banyak khasiat. Pasalnya Jagung yang merupakan bahan dari kuliner yang satu ini memiliki antioksidan yang bagus untuk melawan penyakit jantung, kanker, dan mencegah penyakit alzeimer.

BACA JUGA:Kisah Binte Biluhuta, Kuliner yang Bisa Mendamaikan 2 Kerajaan yang Berseteru Pada Abad ke-15

Sekarang, cukup sulit mencari rumah makan di Kupang yang menyajikan jagung bose. Rakyat Timor kebanyakan sudah semakin banyak yang beralih ke nasi sebagai karbohidrat utama. Tapi masih ada salah satu tempat pilihan yang akan saya ceritakan yang menyediakan makanan khas tersebut.

Salah satu kedai yang terkenal dengan Jagung Bosenya adalah Dapur Nekamese ini yang terletak di Jl. Adisucipto No.89, Penfui, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Butuh waktu sekitar 45 menit menggunakan kendaraan roda empat untuk tiba di sana. Bisa menggunakan sepeda motor, bus maupun angkutan kota. Jika menggunakan angkutan desa atau bus, butuh waktu agak lama. Tapi sabar saja, nanti juga dibayar lunas rasa lelah itu setelah tiba di sana.

Di tempat ini kalian bisa menikmati hidangan jagung bose ditemani daging se’i (daging yang diasapkan), yang kebetulan jagung bose menjadi menu spesial yang menambah kekayaan/koleksi kuliner anda. sambal lu’at yang harum dan memanjakan lidah, berbagai macam variasi menu dapat anda temukan di sana, mulai dari sea food, ada lawar ikan teri yang harum oleh daun kemangi, sayur bunga pepaya ayam, sapi, di tempat ini juga menyediakan aneka jus dan minuman ringan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: