Kisah Binte Biluhuta, Kuliner yang Bisa Mendamaikan 2 Kerajaan yang Berseteru Pada Abad ke-15

Kisah Binte Biluhuta, Kuliner yang Bisa Mendamaikan 2 Kerajaan yang Berseteru Pada Abad ke-15

Binte Biluhuta-Akun Instagram @cessystone-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Makanan menjadi salah satu strategi  untuk merepresentasikan identitas dari suatu wilayah. Nah, hal ini biasanya dimanfaatkan oleh negara yang memiliki kekuatan menengah seperti Indonesia. 

Tindakan seperti ini bisa disebut dengan diplomasi kuliner. Nah,  zaman dulu, Gorontalo memanfaatkan kuliner khas yang bernama Binte Biluhuta untuk berdiplomasi. 

Pada masa itu, beberapa kerajaan di Sulawesi seperti Kerajaan Gorontalo dan Kerajaan Limboto sering terlibat konflik.

Namun, perdamaian akhirnya dapat tercapai berkat diplomasi kuliner yang dilakukan. Binte Biluhuta sudah ada sejak abad ke-15.

Hingga kini Binte Biluhuta menjadi makanan khas favorit di Gorontalo. Makanan ini selalu diburu wisatawan karena cita rasanya yang pedas, gurih, asam dan sedikit manis yang bikin ketagihan. 

BACA JUGA:Mengenal Bau Peapi Makanan Khas Polewali Mandar Sulawesi Barat

Tak hanya itu, Binte Biluhuta juga menawarkan nutrisi yang kaya protein dan serat bagi para penikmatnya.

Secara etimologi, “binte” atau “milu” mengacu kepada kata “jagung,” dan “biluhuta” memiliki arti “disiram.” Karena itulah, binte biluhuta dapat diartikan sebagai “hidangan berbahan dasar jagung yang dimasak dengan kuah” atau yang biasa dikenal dengan sup jagung. 

Pipilan-pipilan jagung di dalam Binte Biluhuta ini mengandung protein, serat, karbohidrat, mineral, vitamin B, dan vitamin C, serta sumber antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Binte Biluhuta dapat diartikan sebagai “hidangan berbahan dasar jagung yang dimasak dengan kuah” atau yang biasa dikenal dengan sup jagung.

Sekilas, Binte Biluhuta terlihat mirip dengan bubur manado, karena sama-sama menggunakan jagung. Namun, bubur manado masih menggunakan campuran beras, sementara Binte Biluhuta menggunakan jagung murni sebagai sumber karbohidratnya.

BACA JUGA:Mengenal Sotong Pangkong, Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Jagung yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Binte Biluhuta ini adalah jagung pulut, varietas asli Gorontalo yang tidak dapat ditemukan di daerah lain.

Sehingga penampilannya terlihat berwarna kuning oranye. Tentu saja, jenis jagung ini dapat menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: