Mengenal Sotong Pangkong, Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Mengenal Sotong Pangkong, Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Sotong Pangkong kuliner khas Pontianak, Kalimantan Barat-Akun Instagram @franfend-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kalimantan Barat terdiri dari berbagai kota dan kabupaten. Tak heran akan ada banyak pilihan wisata kuliner yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kalimantan Barat

Salah satu kuliner khasnya ada di Kota Pontianak, jika berkunjung ke sana kamu wajib mencoba yang namanya Sotong Pangkong. Sotong Pangkong berasal dari bahasa Melayu yang terdiri dari kata "sotong" yang artinya cumi-cumi dan "pangkong" artinya memukul menggunakan palu. 

Sesuai dengan namanya, Sotong Pangkong merupakan kuliner yang berbahan dasar daging cumi, lalu diolah dengan di pukul atau di pipihkan menggunakan palu. 

BACA JUGA:Nikmati Kuliner Khas Pedesaan dengan View Persawahan Hijau Cantik di Pawon Mbah Gito, Yogyakarta

Sotong pangkong mirip dengan hidangan juhi atau cumi kering yang dibuat oleh warga Tionghoa di Pontianak. Sotong Pangkong biasanya dimakan bersama kuah sambal kacang dan sambal pedas manis.

Sambal kacangnya terdiri dari kacang tanah yang dihaluskan, kemudian diberi air, sedikit cabai, dan garam. Kemudian, untuk sambal pedasnya sendiri menggunakan cabai, ebi, garam, dan air.

Daging sotong ini memiliki rasa yang gurih, kemudian menjadi lebih nikmat dengan disantap bersama saus sambalnya. Saat dicelupkan dengan sambal kacang, lidahmu akan dimanjakan dengan rasa gurih, asin, manis, asam yang kental sehingga memberikan sensasi segar.

BACA JUGA:Foodcourt GOR Klebengan, Rekomendasi Kuliner Malam Termurah Cocok Untuk Mahasiswa di Yogyakarta

Kemudian, saat dicoba dengan sambal pedas manis, lidah akan terasa panas, membuat para pecinta santapan pedas ketagihan dan tidak ingin berhenti. Layaknya gorengan, Sotong Pangkong ini biasa disantap tanpa harus menggunakan nasi.

Umat muslim di Pontianak menyantap sotong pangkong saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Sotong Pangkong mudah di jumpai di Kalimantan Barat, khususnya Pontianak. 

Itulah makanan unik khas Pontianak, Kalimantan Barat. Jika kamu bertandang ke Kalimantan Barat kamu wajib coba makanan yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: