Nikmati Kelezatan Bilenthango, Kuliner Khas Gorontalo Berbahan Dasar Ikan

Nikmati Kelezatan Bilenthango, Kuliner Khas Gorontalo Berbahan Dasar Ikan

Bilenthango khas Gorontalo -Akun Instagram @like_gorontalo -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Wisata kuliner merupakan salah satu daya tarik utama suatu daerah dalam mengembangkan potensi di sektor pariwisata.

Seperti halnya Gorontalo, yang selalu menjadi incaran wisatawan baik lokal maupun mancanegara tidak hanya mengandalkan wisata budaya atau alam saja. Gotontalo juga selalu menawarkan kuliner khas yang memiliki cita rasa yang nikmat dan juga lezat.

BACA JUGA:Mengenal Bau Peapi Makanan Khas Polewali Mandar Sulawesi Barat

Salah satu kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bilenthango. Bilenthango adalah olahan sehat dengan bahan dasar ikan air tawar yang segar yang merupakan salah satu kuliner Gorontalo.

Meskipun terkadang beberapa orang menggunakan ikan laut, penyajian kuliner lebih sering menggunakan ikan air tawar.

Kuliner ini juga memiliki sebutan nama lain yaitu Ikan Balarica atau Belah Rica ini masuk dalam hidangan utama masakan masyarakat Gorontalo.

Makanan khas ini diolah dari bahan Ikan Garopa atau Ikan Kerapu dan bisa juga menggunakan Ikan Mujair. Hal yang membuat hidangan ini unik dan berbeda dengan olahan ikan dari daerah lain, yaitu cara masaknya.

BACA JUGA:Mengenal Sotong Pangkong, Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Ikan yang telah dicuci bersih kemudian dibelah dari ujung kepala hingga ekor. Selanjutnya ikan air tawar ini direndam dan diberi perasan jeruk nipis atau lemon.

Setelah itu ikan dilumuri dengan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabe dan penyedap rasa secukupnya.

Setelah olahan ikan selesai dengan taburan bumbu khasnya tadi, selanjutnya ikan diletakkan di atas daun pisang.

Daun pisang inilah yang nanti akan menjadi wadah ikan saat dimasak, sehingga menghasilkan cita rasa yang tinggi dengan wanginya yang khas.

Penggunaan daun pisang juga bisa mengurangi kemungkinan ikan bisa gosong karena terlalu lama dipanggang.

Kuliner ini tentu bisa kamu buat di rumah dengan mengikuti berbagai resep yang ada di youtube. Tapi tetap saja, menikmati kuliner khas ini langsung dari Kota asalnya menjadi suatu kebahagiaan sendiri apalagi bagi para pecinta kuliner nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: