Berkunjung ke Danau Paisu Pok Danau Terindah di Sulawesi Tengah

Berkunjung ke Danau Paisu Pok Danau Terindah di Sulawesi Tengah

Keindahan Danau Paisu Pok di Sulawesi Tengah -Akun Instagram @dji.era-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain, dikenal dengan destinasi wisata baharinya yang beragam, Kabupaten Banggai juga menawarkan destinasi wisata lain yang tak kalah menarik.

Salah satu destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang menawan adalah Danau Paisu Pok

Danau Paisu Pok dikenal sebagai salah satu danau terindah di Pulau Sulawesi, destinasi wisata yang satu ini memiliki pemandangan yang mempesona dengan keindahan alamnya yang masih alami dan eksotis. Luas kawasan Danau Paisu Pok sekitar 75 km, danau ini menjadi lebih indah karena dikelilingi oleh pesisir pantai terumbu karang, hutan hujan tropis yang lebat serta pegunungan yang menjulang tinggi. 


Keindahan Danau Paisu Pok di Sulawesi Tengah -Akun Instagram @rijrijal-

Danau Paisu Pok terletak di Desa Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Saat kamu berkunjung ke Danau Paisu Pok kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang menakjubkan, air danau yang berwarna biru jernih dan keanekaragaman hayati yang luar biasa. 

BACA JUGA:Berselancar di Pantai Nihiwatu, Pantai dengan Ombaknya yang Ganas dan Tercepat di Dunia

Berbagai jenis tumbuhan, hewan, jamur dan mikroorganisme dapat mudah ditemukan, Danau Paisu Pok lah yang menjadi rumah bagi berbagai spesies ikan air tawar yang langka dan dilindungi, termasuk ikan Masapi, Kepe-kepe, dan Lele Sungai. 

Selain itu, burung-burung endemik seperti Kakatua Raja dan Nuri Sulawesi juga sering terlihat di sekitar danau. Keanekaragaman flora dan fauna di Danau Paisu Pok menjadikannya surga bagi para pecinta alam dan peneliti biologi Selain keindahan alam dan biodiversitasnya, Danau Paisu Pok juga memiliki nilai historis yang tinggi. 


Keindahan Danau Paisu Pok di Sulawesi Tengah -Akun Instagram @rijrijal-

Tahukah Kamu, di sekitar danau terdapat beberapa situs arkeologi yang mencerminkan sejarah panjang pulau Sulawesi. Beberapa peninggalan purbakala, seperti petrosains dan situs pemakaman batu, telah ditemukan di sekitar danau, memberikan petunjuk tentang kehidupan manusia purba yang pernah menghuni wilayah ini.

BACA JUGA:Berlibur ke Pantai Tiska Lampung, Pantai Bekas Pelabuhan Srengsem Tempat Penyeberangan Kapal Fery

Namun, meskipun memiliki potensi wisata yang luar biasa, Danau Paisu Pok masih belum banyak diketahui oleh wisatawan, berbagai upaya dilakukan pemerintah setempat dengan melakukan Promosi dan pengembangan infrastruktur. Namun, Upaya tersebut belum dilakukan secara optimal.

Nah, jika kamu ingin berkunjung ke Danau Paisu Pok, pastikan kamu mengikuti petunjuk jalan dan memperhatikan kondisi jalan sekitar karena jalan belum begitu bagus dan masih banyak bebatuan di sepanjang perjalanan menuju danau ini.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: