Mencicipi Uta Kelo Hidangan Khas suku Kaili di Sulawesi Tengah

Mencicipi Uta Kelo Hidangan Khas suku Kaili di Sulawesi Tengah

Uta Kelo Hidangan Khas suku Kaili di Sulawesi Tengah -Akun Insatagram @nithanovita10 -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. 

Tentunya dengan keberadaan suku yang terdapat di masing-masing wilayah Provinsi membuat wilayah dan daerah tertentu memiliki budaya dan indentitas yang berbeda-beda. 

Hal ini dapat terlihat dengan terciptanya kuliner-kuliner lezat, kuliner di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda-beda yang disebabkan adanya suku-suku yang mendiami wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Menelusuri Asal Usul Bacem yang Mengambarkan Identitas Budaya Masyarakat Jawa

Nah, salah satu suku di Indonesia yang menawarkan berbagai kuliner khas dengan cita rasa yang lezat dan tidak dapat ditemui di wilayah lain ialah suku Kalili yang berada di Sulawesi Tengah khusunya di Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kota Palu.

Kuliner yang menjadi identitas budaya suku Kaili adalah Uta Kelo. Uta Kelo adalah nama dari makanan yang satu ini dengan daun kelor sebagai bahan utamanya. 

Kelo sendiri dalam bahasa Indonesia mempunyai arti daun kelor. Daun Kelor mudah sekali ditemukan di desa-desa yang menjadi wilayah tempat tinggal dari suku Kaili.

Uta Kelo terbuat dari campuran daun kelor yang dimasak bersama santan. Sekilas mungkin makanan yang satu ini mirip dengan gulai daun singkong. 

BACA JUGA:Mengenal Roti Koing Khas Palembang yang Sudah Mulai Dilupakan

Uta Kelo biasanya disajikan dengan bahan pendamping seperti pisang kepok, udang, ataupun terong. Rasa khas Uta Kelo terletak pada kombinasi rasa gurih yang dihasilkan oleh santan serta rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai rawit yang menjadi salah satu bumbu utama dalam makanan satu ini. 

Bagi kamu yang belum pernah mencoba olahan daun kelor sebelumnya, pasti akan tertarik dan penasaran dengan cira rasa hidangan yang satu ini. 

Selain rasanya yang bikin nagih, daun kelor yang menjadi bahan utama dalam pembuatan Uta Kelo, memiliki beragam khasiat yang baik untuk tubuh. 

Daun Kelor memiliki khasiat untuk memberikan tambahan tenaga dan memulihkan tenaga setelah banyak melakukan aktivitas sehingga Uta Kelo cocok dijadikan menu pilihan saat makan siang untuk mengembalikan tenaga yang terbuang selama beraktifitas. 

BACA JUGA:Mengenal Kue Lepek Binti Warisan Budaya Bengkulu, Paduan Ketan dan Gula Merah yang Menggugah Selera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: