Menelisik Keistimewaan Pali-pali, Makanan Kesultanan Ternate Yang Bernilai Tinggi

Menelisik Keistimewaan Pali-pali, Makanan Kesultanan Ternate Yang Bernilai Tinggi

Pali-pali, Makanan Kesultanan Ternate Yang Bernilai Tinggi -Akun Insatagram @pegimakan.id-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bicara soal kuliner Ternate yang merupakan salah satu pulau di Maluku yang menawarkan berbagai kuliner unik dengan rasa autentik dan juga lezat. 

Wilayah yang dikenal dengan daerah kesultanan kerajaan Gapi ini memiliki hidangan lezat bernama Pali-paliPali-pali merupakan hidangan sejenis lontong berbentuk bulat lonjong namun dikemas dalam anyaman layaknya ketupat. 

Pada awalnya, Pali-pali adalah sajian kesukaan para Sultan di Ternate. Bahkan, hingga kini hidangan yang satu ini biasanya hanya dibuat ketika ada acara Kesultanan saja.

BACA JUGA:Black Rock and Lounge, Tempat Tongkrongan Baru yang Ekslusif

Cara pembuatan Pali-pali berbeda dengan Lontong karena membuatnya dengan mengunakan daun lontar yang mudah di temui di wilayah ternate. 

Pali-pali dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam kemasan anyaman daun lontar dibentuk bulat dan lonjong memanjang hingga berbentuk seperti lontong, namun demikian anyaman daun lontar membuat Pali-pali terlihat lebih menarik. 

Proses masak Pali-pali pun hampir sama dengan Lontong untuk membuatnya diperlukan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk mengukus Pali-pali mentah yang sudah terbentuk. Setelah itu, makanan ini dapat ditiriskan dan siap untuk disajikan.

BACA JUGA:Mengenal Kue Lepek Binti Warisan Budaya Bengkulu, Paduan Ketan dan Gula Merah yang Menggugah Selera

Berbeda dari lontong kebanyakan jika dirasakan sudah dapat dipastikan makanan ini memiliki cita rasa yang unik. Cita rasa ini muncul dari daun lontar pembungkusnya, tentu saja sangat berbeda dari lontong yang dibungkus oleh daun pisang. 

Rasanya kurang lebih mirip ketupat yang kita kenal menjadi makanan utama disaat lebaran. Nah, letak perbedaan Pali-pali khas ternate juga terletak pad acara penyajiannya. 

Jika lontong dimakan bersama kuah santan dan tambahan kerupuk. Pali-pali dimakan begitu saja sudah nikmat, akan lebih nikmat lagi bila dijadikan menu pendamping makanan-makanan khas ternate seperti Gohu Ikan atau pun makanan khas Ternate lainnya.

BACA JUGA:Mencoba Kelezatan Nasi Kentut yang Memiliki Banyak Khasiat Khas Daun Sembukan

Keunikan Pali-pali juga terletak pada keberadaanya yang dianggap sakral. Tidak semua orang layak membuat Pali-pali. Bagi rakyat Ternate, Pali-pali merupakan makanan suci yang kemunculannya hanya ditunggu ketika acara-acara khusus Kesultanan. 

Selain itu, untuk membuat Pali-pali seseorang harus mendapatkan restu dari keluarga Kesultanan yang biasanya berlaku secara turun-temurun. Ribet juga ya ternyata untuk membuat panganan yang satu ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: