Mencoba Cita Rasa Unik Gohu Ikan Khas Ternate yang Kaya akan Rempah

Mencoba Cita Rasa Unik Gohu Ikan Khas Ternate yang Kaya akan Rempah

Gohu Ikan Khas Ternate Yang Kaya Akan Rempah -Akun Insatagram @mil.s_bali-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Pernahkah kamu mencoba sashimi khas Jepang? Kalau pernah, maka sashimi tidak hanya di Jepang. Indonesia juga punya sashimi khasnya dengan cita rasa kaya akan rempah. 

Selain Naniura khas Sumatera Utara adapula Gohu Ikan yang  sering disebut-sebut sebagai sashimi khas Ternate karena hampir sama seperti sashimi Jepang. Gohu Ikan berasal dari kata Kohu yang berarti “mengunyah sesuatu yang mentah,” karena hidangan ini memang dibuat dari ikan segar mentah.

Kemiripian Gohu Ikan dengan sashimi asal Jepang memiliki kemiripan baik secara tekstur maupun rasa dengan kuliner sashimi di Jepang yang sama-sama menggunakan ikan tuna sebagai bahan dasarnya.

BACA JUGA:Kasuami, Makanan Pokok Warisan Nenek Moyang Khas Sulawesi Tenggara

Gohu ikan memiliki citarasa yang unik, yakni memiliki rasa asam yang segar, gurih dan sedikit rasa manis yang bercampur dengan kenyalnya daging ikan segar. Tidak hanya nikmat, gohu Ikan juga sangat menyehatkan karena dalam proses membuatnya, gohu Ikan tidak menggunakan bahan kimia buatan sama sekali.

Keberadaan hidangan yang satu ini tidak terlepas dari kebiasaan nelayan pergi melaut berhari-hari mengitari Laut Sulawesi di utara dan Laut Banda di selatan, membuat nelayan harus pandai menyiasati kebutuhan makan. 

Diperkirakan pada abad ke-14, nelayan Ternate mulai mengolah hasil tangkapan ikan dengan bumbu dan rempah sederhana. Gohu ikan Ternate dibuat dari ikan segar, itulah sebabnya mengapa orang-orang menyamakannya dengan sashimi Jepang.

Untuk membuat Gohu Ikan bahan ikan yang digunakan adalah daging ikan segar yang kenyal, biasanya ikan tuna atau cakalang yang dipotong kecil-kecil. Setelah dilumuri garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis dengan aroma harum dan bagian dalamnya berwarna kuning jingga), ikan dicampur dengan daun kemangi (balakama) yang sudah dirajang kasar.

BACA JUGA:Mengenal Gulai Kemba'ang, Makanan Tradisional Khas Bengkulu

Setelah itu, didiamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap, lalu tumisan bawang merah dan cabai rawit (rica gufu) akan dituangkan di atas ikan tuna mentah. Kenari atau kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar bisa ditaburkan sebagai topping. 

Gohu ikan yang lezat ini memiliki cita rasa sedikit manis, asam segar, dan gurih. Mungkin sebagian dari Masyarakat setempat biasa menyebutnya “gohu ikang” dan bukan “gohu ikan”. Untuk penyebutannya sendiri haruslah lengkap, karena bila kita hanya menyebut “gohu,” maka memiliki arti berbeda yaitu rujak segar dan pedas dari Manado.

Selain cara pembuatannya yang sangat sederhana, karena menggunakan bumbu seadanya, Gohu Ikan juga menjadi semakin nikmat bila disantap bersama hidangan khas Maluku lainnya seperti singkong rebus, sagu, pisang rebus, serta keladi rebus. 

BACA JUGA:Kafe Uncle Brew Kopi Bandung, Kafe Estetik Berkonsep Klasik dan Elegan

Kadang kala, Gohu Ikan juga disantap bersama kasbi, kasbi adalah sejenis roti yang dibuat dari parutan singkong yang dipanggang di dalam gerabah lalu dipanaskan di atas kayu bakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: