Mengenal Gulai Kemba'ang, Makanan Tradisional Khas Bengkulu

Mengenal Gulai Kemba'ang, Makanan Tradisional Khas Bengkulu

Gulai Kemba'ang, Makanan Tradisional Khas Bengkulu -Akun Insatagram @ani_ummujasmine-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bengkulu dikenal dengan makanan khas nya yang nikmat dan juga lezat. Selain pendap, makanan khas Bengkulu yang tak kalah nikmat adalah Gulai Kemba'ang. Gulai ini merupakan salah satu makanan khas yang banyak digemari di Bengkulu.

Gulai Kemba'ang terbuat dari iga sapi dengan perpaduan bumbu tradisional pilihan sehingga meghasilkan cita rasa yang kaya akan kelezatan. Dalam KBBI, gulai adalah sebuah menu hidangan dengan menggunakan santan sebagai kuahnya. 

Gulai kemba'ang merupakan salah satu menu spesial yang lazim dibuat pada bulan puasa ataupun lebaran, karena sangat cocok disanta sehabis buka puasa ataupun sahur dan dapat membangkitkan nafsu makan. Gulai ini memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit.

Nah, Gulai Kemba'ang yang satu ini sangat menggugah selera makan. Rasanya sangat gurih, nikmat dan lezat. Bahan dasarnya adalah daun pakis, iga sapi, santan dan bumbu yang khas. 

BACA JUGA:Everjoy Coffee dan Cafe, Cafe Berkonsep Boutique dengan Vibes Nongkrong Seperti di Rumah Sendiri

Bagi kamu yang asing dengan pakis, Pakis adalah tanaman berbentuk rumpun, yang biasanya tumbu baik di daerah kering dan lembab dan di bawah lingkungan yang teduh. Kandungan nutrisi pada daun pakis antara lain vitamin A, vitamin C, kalium, vitamin B kompleks, protein, karbohidrat, protein dan kalsium. Padua bumbunya akan menciptakan rasa yang lebih dasyat pada gulai ini.

Namun kelezatan hidangan yang satu ini belum banyak dikenal, Gulai Kemba'ang lebih dikenal masyarakat di wilayah Kabupaten Mukomuko, karena memang pada dasarnya gulai Kemba'ang berasal dari daerah itu. Gulai kemba’ang ini terbuat dari iga sapi, daun pakis dan racikan beberapa jenis bumbu dan memiliki rasa yang gurih.

Bahan dan juga bumbu masak yang digunakan tidak begitu sulit untuk disiapkan. Bahan utama hanya terdiri dari iga sapi dan campuran berbagai bumbu rempah. Untuk bumbu halusnya juga menggnakan bumbu rempah khas Indonesia seperti misalnya bawang, lengkuas, kunyit dan juga jahe. 

Dalam membuat makanan ini menggunakan kelapa parut yang sudah disangrai. Selain itu ada juga daun talas yang direbus, asam kandis dan juga santan. Secara umum bahan dan bumbu tidak sulit untuk disiapkan. Jadi jika ingin belajar memasaknya tidak perlu takut. Berikut bahan dan langkah-langkah pembuatan gulai Kemba'ang. 

BACA JUGA:Mencicipi Kelezatan Pizza di Pizzeria Terrazza, Cita Rasa Hidangan Western yang Ada di Papua

Bahan dasar

500 gram iga sapi, dipotong-potong

2 lembar daun salam

400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: