Mencoba Kelezatan Nasi Kentut yang Memiliki Banyak Khasiat Khas Daun Sembukan

Mencoba Kelezatan Nasi Kentut yang Memiliki Banyak Khasiat Khas Daun Sembukan

Nasi Kentut khas Medan -Akun Instagram @rizalhakimm_punyer-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain terkenal dengan kuliner Naniuranya yang terkenal hampir di seluruh Indonesia, Medan, Sumatera Utara juga memiliki kuliner unik bernama Nasi Kentut

Mungkin kamu mengira nasi ini memiliki aroma yang busuk dan tidak menarik. Tapi, tunggu dulu nasi yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan bakal buat kamu ketagihan jika mencobanya. 

Nasi Kentut belum sepopuler kuliner Medan lain, tetapi bagi warga ibukota Sumatera Utara, nasi ini bisa disebut sebagai salah satu menu wajib warga Medan, seperti halnya nasi kucing di Jogja atau nasi uduk di Jakarta. Jadi belum sah ke Medan jika belum mencicipi nasi kentut.

BACA JUGA:Nikmati Cita Rasa Timphan, Hidangan Kerajaan Aceh

Tidak seperti namanya, nasi Kentut beraroma wangi, dan bertekstur lembut. Nah, penamaan nasi Kentut sesungguhnya berasal dari bumbu unik yang digunakan, yaitu daun kentut (paederia foetida) atau juga dikenal sebagai daun sembukan

Tumbuhan merambat ini dikenal oleh masyarakat Medan memiliki khasiat dapat melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung, bahkan mengobati sakit maag dan sariawan. Karena khasiatnya inilah maka disebut tanaman kentut, sehingga ketika diolah menjadi nasi maka label itu pun ikut melekat.

Nasi ini juga diolah dengan bumbu rempah-rempah lain seperti kunyit. Kemudian nasi ini dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan kemudian di kukus atau dipanggang hingga matang. 

BACA JUGA:Menyantap Hidangan Lezat Sembari Menyaksikan Berbagai Kesenian Khas Jawa di The House Raminten Yogyakarta

Selain itu, yang juga membedakan nasi kentut dengan kuliner lain adalah lauk pendampingnya. Ada beragam pilihan yang dapat menjadi teman nasi kentut. Mulai dari ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, hingga ayam goreng. 

Jangan sampai ketinggalan sambal terasi atau sambal ijo sebagai pelengkap cita rasa kuliner Medan yang satu ini. Kenikmatan yang lengkap,  membuat makanan dengan nama unik ini digandrungi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Menemukan kuliner ini pun tak begitu sulit. Banyak pedagang dan pemilik restoran yang menjajakan nasi kentut di seputar kota Medan. Mulai dari daerah pemukiman, lingkungan kampus, taman kota, kantin, pasar, kawasan pabrik hingga pusat perbelanjaan dan tempat wisata.

BACA JUGA:Berkunjung ke Rumah Bunga Cafe, Kedai dengan Konsep Tempat Nongkrong Santai di Tengah Hutan

Harganya juga cukup bersahabat sekitar Rp 5.000 hingga Rp15.000 tergantung lauk yang diplih untuk menjadi teman bersantap. Jadi jika kamu berkunjung ke Medan, jangan ragu untuk menyantap nasi kentut yang tak hanya cocok di lidah tetapi  juga aman di kantong.

Nah, itulah dia nasi Kentut, tidak seperti namanya nasi Kentut justru berbeda dari nasi lainnya karena memiliki aroma yang wangi dan tidak dapat ditemukan di nasi lainnya karena menggunakan daun sembukan khas Sumatera Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: