Rumpu-rampe Makanan Bercita Rasa Unik Khas Nusa Tenggara Timur

Rumpu-rampe Makanan Bercita Rasa Unik Khas Nusa Tenggara Timur

Rumpu-rampe khas Nusa Tenggara Timur -Akun Instagram @windy_kho-

BENGKULUEKSPESS.COM - Saat kamu berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT), ada beberapa kuliner khasnya yang wajib kamu coba. Kuliner khas yang ada di NTT selalu menawarkan cita rasa yang unik, kendati demikian makanan-makanan ini tidak kalah enak dengan makanan yang ada di wilayah lain negara Indonesia tercinta.

Kuliner ini memiliki nama yang unik yakni rumpu-rampe. Dari namanya saja sudah unik lalu bagaimana dengan cita rasanya yuk, simak ulasan berikut ini. 

Mengapa disebut rumpu-rampe, makanan yang satu ini terbuat dari berbagai macam jenis sayuran yang menyehatkan. Nah kata "rumpu" berarti banyak dan "rampe" bermakna beragam. Sayuran yang paling utama dalam rampe-rampe adalah daun pepaya dan buah pepaya. 

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Roti Kompyang yang Sudah Ada Pada Masa Dinasti Ming 1563 Masehi

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk masakan rumpu-rampe ini antara lain daun ubi (singkong), dan jantung pisang.  Dari bahan-bahannya saja kamu sudah bisa menerka-nerka bagaimana rasa yang akan dihasilkan dari masakan ini.

Mungkin kamu akan menebak masakan ini berasa pahit, memang tidak salah lagi, tapi  kamu tak boleh gegabah untuk menilainya tak enak. Sebab rasa pahit yang dihasilkan akan menjadi nikmat ketika sudah dicampur dengan racikan bumbu yang ada.

Cara membuat rumpu-rampe pun tidak begitu sulit, bahah-bahan yang sudah disediakan harus kamu rebus terlebih dahulu hingga masak. Selanjutnya ditambah udang rebon untuk menghasilkan cita rasa yang sedap. Biasanya kuliner ini disajikan dengan menggunakan ikan bakar, jagung Titi dan Jagung Bose, namun bisa juga dihidangkan dengan menggunakan nasi putih.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kuliner Sulawesi Tengah yang Wajib Kamu Coba

Tahukah kamu, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dari kuliner yang satu ini. Khususnya untuk penyembuhan penyakit deabetes dan hipertensi. 

Kandungan zat yang terdapat dalam daun pepaya dan bunga pepaya menjadi sebab mengapa kuliner ini diklaim bisa menyembuhkan penyakit deabetes dan hipertensi. Sebagai makanan populer, tentu kuliner khas orang Lamaholot ini memiliki kelezatan yang berbeda dengan kuliner-kuliner lainnya.

Kuliner rumpu-rampe awalnya berasal dari Flores, kemudian menyebar ke seluruh penjuru NTT. Rumpu rampe dimasak dengan cara ditumis hingga aroma wanginya keluar. 

Bercita rasa gurih dengan penampilan menggugah selera membuat nafsu makan kita meningkat. Jika dimakan dengan nasi yang masih hangat rasanya kita ingin nambah dan nambah lagi. 

BACA JUGA:Berburu Paniki, Kuliner Esktrem Manado Terbuat dari Olahan Daging Kelelawar

Ada 3 tips bagaimana cara membuat sayur pada Rumpu-rampe yang nikmat dan juga lezat, berikut diantaranya;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: