Jerawat PIE dan PIH? Perbedaan Dan Cara Mengatasinya

Jerawat PIE dan PIH? Perbedaan Dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH--

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses perawatan bekas jerawat PIH memang butuh waktu yang lebih lama, karena hiperpigmentasi. 

Namun, bukan berarti tidak bisa diatasi secara menyeluruh, ya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bekas jerawat PIH :

1. Perawatan Topikal

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Eksfoliasi untuk Wajah Mulusmu

Untuk mengatasi bekas jerawat PIH, kamu bisa menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan mencerahkan kulit. Misalnya seperti alpha arbutin, vitamin C, niacinamide, dan kojic acid. 

Bahan pencerah ini memiliki fungsi untuk menghambat pembentukan melanin, memudarkan bekas jerawat, hingga membantu meratakan warna kulit. 

2. Rutin Menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen juga merupakan langkah penting dalam mengatasi bekas jerawat PIH. Sinar matahari dapat memperburuk perubahan warna pada bekas jerawat dan membuatnya lebih terlihat. 

Kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup setiap hari, reapply setidaknya 2-3 jam sekali, bahkan saat sedang tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Rutin Eksfoliasi

Saat kita mengeksfoliasi kulit, lapisan melanin yang membentuk PIH akan ikut terkikis bersama sel-sel kulit mati. Penggunaan eksfoliasi yang lembut, seperti asam glikolat atau asam laktat, dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi kulit baru. Ini dapat membantu memudarkan bekas jerawat PIH.

4. Perawatan Klinik  

Nah jika kamu ingin merasakan hasil yang lebih cepat, kamu bisa melakukan prosedur medis seperti terapi laser, IPL (Intense Pulsed Light), atau terapi mikrodermabrasi, yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada bekas jerawat PIH. Namun sebelum itu, konsultasikan terlebih dulu dengan seorang dokter ahli untuk menentukan perawatan medis yang sesuai. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: