Jerawat PIE dan PIH? Perbedaan Dan Cara Mengatasinya

Jerawat PIE dan PIH? Perbedaan Dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH--

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE

Berbeda jenis, berbeda juga cara menanganinya. Untuk mengatasi bekas jerawat PIE (Post Inflammatory Erythema), kamu memerlukan perawatan yang berfokus pada memudarkan kemerahan atau keunguan pada wajah. Berikut beberapa cara untuk mengatasi bekas jerawat PIE:

1. Perawatan Topikal

Perawatan kulit, seperti menggunakan produk-produk skincare yang mengandung zat aktif niacinamide, vitamin C, dan asam azelaic terbukti mampu mencerahkan bekas kemerahan akibat jerawat. 

BACA JUGA:Ternyata Sering Creambath Bikin Rambutmu Jadi Bagus

Kandungan niacinamide membantu mengurangi perubahan warna pada bekas jerawat. Sementara itu, asam azelaic juga dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit. Kamu bisa mulai menggunakan produk yang sifatnya ringan terlebih dahulu seperti toner. 

2. Rutin Menggunakan Sunscreen

Kamu tahu nggak, kalau sunscreen tidak hanya membantu melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari loh, tapi juga punya andil untuk mencegah dan mengobati bekas jerawat. 

Pasalnya, sinar UV dari matahari merupakan salah satu faktor penyebab hiperpigmentasi. Gunakan sunscreen dengan SPF cukup setiap hari agar bekas jerawat PIE terlindungi sehingga kondisinya tidak menjadi lebih buruk. 

3. Perawatan Klinik

Nah, jika kamu merasa bekas jerawat PIE cukup parah, dan sulit diatasi dengan menggunakan produk skincare saja, kamu bisa mulai berkonsultasi dengan dokter kulit untuk perawatan klinik. Beberapa prosedur medis, seperti terapi laser, IPL (Intense Pulsed Light), atau mikrodermabrasi, dapat membantu memudarkan bekas jerawat PIE. 

BACA JUGA:Detoks Wajah Dari Kandungan Merkuri, Berikut Caranya

4. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Selain melakukan perawatan kulit secara konsisten dan sabar, kamu juga perlu mengurangi kebiasaan menyentuh wajah, nih. Karena kuman atau bakteri pada tangan dapat berpindah ke wajah, dan memperburuk kondisi bekas jerawat PIE. 

Kamu juga tidak perlu terlalu sering membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi. Lakukan perawatan kulit secara wajar agar bekas jerawat cepat hilang dan tidak memperparah kondisinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: