Ini Dia Manfaat Eksfoliasi untuk Wajah Mulusmu

Ini Dia Manfaat Eksfoliasi untuk Wajah Mulusmu

Eksfoliasi sendiri merupakan proses mengikis dan mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu proses perawatan kulit yang tak boleh kamu lewatkan adalah eksfoliasi. Lakukan eksfoliasi kulit dengan benar agar kulitmu selalu sehat dan awet muda. eksfoliasi wajah dengan bahan alami mempunyai banyak manfaat untuk kulit wajah.

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa perawatan kulit cukup hanya dengan memberikan pelembap dan sunscreen. Tapi ternyata itu saja tidak cukup untuk membuat kulit tetap sehat dan terawat. Salah satu langkah perawatan kulit yang tidak boleh tertinggal salah satunya yaitu eksfoliasi kulit.

BACA JUGA:Amalan untuk Pengangguran, 6 Doa Agar Mendapatkan Pekerjaan yang Baik

Eksfoliasi sendiri merupakan proses mengikis dan mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Mengapa eksfoliasi kulit diperlukan? Yuk, simak manfaat dan jenis-jenis eksfoliasi kulit di bawah ini.

1. Menghilangkan sel kulit mati
Tubuh kita melepaskan kulit dan berganti setiap 40-56 hari, dan meskipun mereka mengelupas dengan sendirinya, kulit mati mungkin tidak terlepas dari tubuh kita dengan sendirinya. Dengan sedikit bantuan mekanis ekstra, kita dapat menggosoknya langsung untuk menyambut kulit baru ke permukaan.

BACA JUGA:Siapa Kaisar yang Membangun Tembok Besar Cina?

2. Kulit yang bercahaya
Saat melakukan eksfoliasi dengan sarung tangan atau dengan eksfoliasi, kamu membuang sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Sel kulit baru yang sehat akan terlihat. Sel kulit baru yang sehat akan tampak cerah atau bercahaya.

Hal utama yang perlu diingat saat melakukan eksfoliasi adalah jangan menggosok terlalu keras, untuk menghindari rusaknya kulit dan pelindungnya. Tekanan lembut cukup dengan sarung tangan atau butiran yang sudah bertekstur.

BACA JUGA:Taman Gantung Babilonia, Tanda Cinta Sang Raja Pada Permaisuri

3. Kulit Lebih Rata
Ketika memiliki penumpukan kulit mati, corak kulitmu akan terlihat lebih jelas sebab kulit mati akan kehilangan dayanya dan menjadi gelap. Setelah pengelupasan kulit, kamu dapat melihat hasil warna kulit yang merata setelah penggunaan terus menerus.

4. Peningkatan Penyerapan
Karena pengelupasan menghilangkan sel kulit mati pada kulit, bahan lain yang enyentuh kulit akan lebih mudah diserap. Pelembab hebat yang bisa kamu gunakan setelah pengelupasan kulit adalah minyak kelapa. Karena kulit mungkin sedikit teriritasi, minyak kelapa akan membantu menenangkan kulit.

BACA JUGA:Termasuk Salah Satu Tujuh Keajaiban Dunia, Kenapa Petra begitu Spesial?

5. Membuka pori-pori
Penumpukan kulit mati adalah akses mudah bagi pori-pori untuk tersumbat. Karena sel kulit mati menghalangi segalanya, pori-pori tidak mendapat kesempatan untuk “bernafas” dan mengeluarkan zat seperti minyak.

Pori-pori yang tersumbat ini pada gilirannya menjadi komedo, komedo putih, dan jerawat. Dengan pengelupasan kulit secara teratur, kamu dapat menghindari masalah kulit tersebut.

6. Kurangi garis halus
Tidak melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit kita menua. Hal ini disebabkan karena kulit mati dapat menyebabkan warna kulit kita terlihat kusam, tidak merata, serta mempertegas kerutan dan garis halus. Pengelupasan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan efek ini.

BACA JUGA:RI Tak Akan Akui Negara Israel, Menlu Keluarkan Aturan Larang Kibarkan Bendera Israel

7. Peningkatan sirkulasi darah
Pengelupasan tidak hanya meningkatkan penampilan kulit, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darahmu. Gerakan menggosok seperti memutr akan merangsang kulit, memungkinkan sirkulasi yang lebih baik.

8. Kulit lebih halus
Mengelupas semua kulit mati yang tidak perlu dari wajah dan tubuh dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Ketidakrataan kulit disebabkan oleh kulit mati ekstra, jadi pengelupasan kulit dapat menyambut kulit baru ke permukaan, memungkinkan kulit halus bercahaya untuk mendorong kotoran keluar.

BACA JUGA:Pantai Pasir Jambak, Destinasi Wisata Bahari Terdekat di Kota Padang

9. Sistem limfatik
Melalui sentuhan dan gerakan, sistem limfatik diaktifkan. Dengan pengelupasan, mekanis sistem limfatik dapat mulai melakukan tugasnya. Ini penting karena sistem limfatik mengatur jaringan, dan bekerja dengan sistem kekebalan untuk membuatmu tetap sehat.

10. Mencegah rambut tumbuh ke dalam
Pori-pori tersumbat karena kurangnya pengelupasan adalah salah satu penyebab utama rambut tumbuh ke dalam. Saat mengelupas dan menghilangkan lapisan atas kulit mati yang tidak perlu, kamu membiarkan rambut tumbuh dengan mudah.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: