Jerawat PIE dan PIH? Perbedaan Dan Cara Mengatasinya

Jerawat PIE dan PIH? Perbedaan Dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Biasanya jerawat akan meninggalkan bekas berwarna coklat kehitaman atau kemerahan. Hal ini membuat warna kulit menjadi tidak rata dan mengganggu penampilan. 

Mengatasi masalah jerawat memang tidak mudah, tapi mengatasi bekas jerawat akan jauh lebih susah. 

Terkadang walau sudah mencoba banyak produk skincare dengan klaim yang mampu menghilangkan bekas jerawat pun belum tentu dapat mengatasinya. 

BACA JUGA:Diklaim Sebagai Perawatan Wajah Terbaik, Begini Penjelasan Metode Slugging

Nah tahukah kamu, mungkin saja kamu menggunakan produk yang kurang tepat. Seperti jerawat, bekas jerawat juga ada jenisnya loh!

Ada dua jenis bekas jerawat yakni bekas jerawat PIE (Post Inflammatory Erythema) dan PIH (Post inflammatory Hyperpigmentation). 

Keduanya tentu memiliki perbedaan dari segi tampilan dan cara mengatasinya. Supaya kamu nggak salah penanganan, yuk kita cari tahu apa sih perbedaan antara PIE dan PIH berikut ini!  

Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH

Bekas jerawat PIE menyebabkan bekas kemerahan atau keunguan dari membesarnya pembuluh darah (discrete erythematous macules) akibat inflamasi. 

Nah inflamasi bisa terjadi karena jerawat yang meradang, paparan sinar matahari, penggunaan skincare yang tidak tepat atau karena memencet jerawat. 

BACA JUGA:Baking Soda Bikin Wajahmu Semakin Glowing

Jenis bekas jerawat ini tidak membentuk tonjolan atau cekungan yang mengubah tekstur kulit. Biasanya bekas jerawat PIE akan lebih jelas terlihat saat jerawat baru saja sembuh dari peradangan, apalagi jika kamu memiliki warna kulit terang.

Sementara itu, bekas jerawat PIH menimbulkan noda kehitaman atau kecoklatan pada kulit akibat produksi melanin berlebih akibat inflamasi. Bekas jerawat PIH lebih sering terjadi pada seseorang dengan jenis kulit berpigmen, seperti orang-orang berkulit sedang sampai gelap. 

Hal ini karena kulit gelap memiliki sel yang cenderung aktif memproduksi melanin. Bekas jerawat PIH cenderung bertahan lebih lama daripada bekas jerawat PIE, karena perubahan warna kulit yang lebih dalam.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: