Gudeg Pilihan Wisata Kuliner Terenak dan Termurah di Yogyakarta

Gudeg Pilihan Wisata Kuliner Terenak dan Termurah di Yogyakarta

Gudeg Yogyarkarta-Sumber : Akun Instagram @kuliner_asiksolo-

Selain kedua jenis gudeg tadi, Yogyakarta juga punya jenis gudeg lain yang disebut gudeg manggar. Bedanya, gudeg ini tidak menggunakan nangka muda sebagai bahan utamanya, melainkan bunga kelapa atau yang biasa disebut manggar oleh warga lokal.

Selain di Yogyakarta, kamu juga bisa menemukan jenis gudeg lain dari kota tetangganya, Solo. Gudeg asal Solo ini lebih berkuah karena ditambahkan lebih banyak santan dan warnanya pun cenderung putih. Hal itu terjadi karena gudeg Solo tidak mengandung daun jati yang dapat memberikan warna merah kecoklatan pada gudeg, tak seperti gudeg khas Yogyakarta.

Gudeg bisa ditemukan di hampir seluruh sudut kota Yogyakarta, namun tempat gudeg yang paling populer adalah Wijilan dan Barek. Wijilan terletak tidak terlalu jauh dari keraton Yogyakarta dan bisa didatangi dengan menggunakan becak atau berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari keraton Yogyakarta.

BACA JUGA:Kuliner Gurita Khas Kaur, Provinsi Bengkulu, Rasanya Gurih Menggugah Selera

Ada lebih dari 17 restoran di Wijilan yang menjual gudeg dengan cita rasa istimewa. Pusat gudeg lainnya ada di Barek, tempat lokasinya terletak di bagian utara kota Yogyakarta, dekat Universitas Gadjah Mada. Di sini juga ada banyak restoran dan warung-warung pinggir jalan yang menawarkan makanan legendaris gudeg untuk Sobat Pesona cicipi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: