Kuliner Gurita Khas Kaur, Provinsi Bengkulu, Rasanya Gurih Menggugah Selera

Kuliner Gurita Khas Kaur, Provinsi Bengkulu, Rasanya Gurih Menggugah Selera

Sambal Gurita-Sumber : Akun Instagram @dapurresep-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bengkulu memiliki panjang garis pantai 525 kilometer persegi dengan luas laut 2.333 kilometer per segi kaya akan hasil laut dengan protein tinggi.  Terutama di kawasan Bengkulu paling ujung yakni Kabupaten Kaur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung. 

Kaur merupakan salah satu Kabupaten yang menawarkan berbagai macam wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah kamu jika berkunjung jika berwisata ke wilayah ini. Salah satunya adalah kuliner hasil laut yaitu gurita. 

Gurita merupakan komoditas hasil laut andalan yang paling banyak dijumpai. Sehingga gurita menjadi komoditas utama wisata kuliner di Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Kaur

Gurita di dapat dari Samudera Hindia, tepatnya di Pulau Tikus. Ada banyak olahan menu gurita diantaranya sate, nasi goreng hitam tinta gurita, seblak gurita dan lainnya.

BACA JUGA:Ini Asal Nama Sate Madura, Ternyata Bukan Karena Makanan Khas Madura

Gurita tersebut dipotong kecil-kecil lalu ditusuk menggunakan lidi sate.

Campuran bumbu yang kaya akan khas nusantara seperti lengkuas, bawang merah dan putih, kemiri dan kuah kacang tentu saja menggoda selera.

Sangat tangkas chef memasak sate gurita. Asap bercampur bumbu sate menebar aroma mengundang selera untuk makan tentu saja menjadi kenikmatan tersendiri bagi pencinta kuliner. sate gurita dilengkapi dengan lontong atau nasi putih, tergantung selera.

Tidak lama koki menyiapkan menu sate gurita yang dipesan. Sepiring sate gurita disertai lontong dan kuah kacang dibaluri kecep tersedia di meja. Aroma kuah kacang dan daging gurita menyentuh hidung, lapar tak terkalahkan.

Pelan-pelan sate pertama masuk ke mulut. Rasa bumbu yang kuat dan nikmat langsung memenuhi rongga mulut, manis, gurih dan pedas. Terasa kenyal daging gurita dalam setiap kunyahan, tidak ada rasa amis.

BACA JUGA:Lezatnya Rendang Minangkabau yang Mendunia, Ini Sejarah dan Filosofinya

Satu persatu sate pindah ke perut diiringi obrolan makan bersama rekan-rekan tentu saja menjadi kebahagiaan tersendiri. Rasa lapar dan aroma yang membangkitkan selera menjadikan sepiring sate gurita pindah ke perut, ludes tak bersisa.

Ada banyak kedai yang menawarkan olahan gurita, di sepanjang kawasan Pantai yang ada di Kabupaten kaur. Untuk kamu yang tidak ingin ribet kamu bisa juga ke resto atau cafe yang ada di Kota Bengkulu yang banyak menawarkan olahan gurita sebagai menu utamanya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: