Daya Tarik Pulau Weh, Destinasi Wisata Mancanegara di Laut Andaman, Aceh Utara

Daya Tarik Pulau Weh, Destinasi Wisata Mancanegara di Laut Andaman, Aceh Utara

Pulau Weh, Aceh Utara, Nanggroe Aceh Darussalam -Sumber : Akun Instagram @pulauwehparedise-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pulau Weh, Pulau cantik nan indah yang berada di ujung barat Pulau Sumatera ini merupakan salah satu dari 111 pulau kecil terluar Negara Republik Indonesia yang terletak di Laut Andaman, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Nanggro Aceh Darusalam.

Pulau Weh memiliki keistimewaan di antara pulau-pulau lain yang ada di Indonesia, pulau ini menjadi tempat di mana garis lintang 0 derajat, atau lebih dikenal sebagai Kilometer 0 Indonesia, berada. Tempat ini menawarkan pengalaman yang unik, di mana Anda dapat berdiri di tepi pantai dan merasakan bahwa Anda berada di titik paling barat di Indonesia.

Pulau Weh dijuluki surga di ujung barat Indonesia, karena keindahan alamnya yang menjadi megnet wisata terutama turis mancanegara.Pulau ini pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, namun kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen. Pulau ini terletak di Laut Andaman. 


Pemandangan mempesona yang ada di Pulau Weh.-Sumber : Akun Instagram @pulauwehparadise-

BACA JUGA:5 Rekomendasi Destinasi Wisata Kebun Teh di Bandung, Pemandangannya Asri dan Udaranya Sejuk

Dilansir dari laman wikipedia.org Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.

Pulau Weh terletak di ujung barat Indonesia. Pulau "Weh" disebut juga "We".

Kota Sabang sebagai pintu gerbang ujung barat Indonesia terletak di Pulau Weh, maka banyak orang menyebut Pulau Weh sebagai Pulau Sabang.Pulau Weh berasal dari bahasa Aceh "Weh" yang artinya pindah. Menurut sejarah yang beredar, mulanya Pulau Weh merupakan satu kesatuan dengan Pulau Sumatera. Diperkirakan karena adanya gunung meletus, maka Pulau Weh terpisah dari Sumatera.

Destinasi wisata Pulau Weh banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun luar. Selain menawarkan pemandangan bawah lautnya yang mempesona, masih banyak lagi dayak tarik yang ditawarkan diantaranya;


Pemandangan mempesona yang ada di Pulau Weh.-Sumber : Akun Instagram @pulauwehparadise-

BACA JUGA: Gua Sarang, Destinasi Wisata Petualangan Menantang dan Eksotis di Aceh

1. Pemandangan Bawah Laut

Pulau Weh adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi kamu yang menyukai kegiatan snorkling dan diving. Keindahan terumbu karang, ikan tropis yang beraneka ragam, dan bahkan penemuan kembali kapal karam yang banyak menjadi rumah bagi fauna yang ada didalamnya menjadikan Pulau Weh surganya bagi para penyelam 

2. Pantai Yang Indah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: